Pesona Keindahan Wisata Bahari Pantai Sanggar Tulungagung

0 169

Pantai Sanggar

Pantai Sanggar merupakan salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan bagi wisatawan, keindahan perbukitan serta udara yang segar dapat membuat wisatawan menjadi senang. Suasana pemandangan yang dapat nikmati pun menjadikan suasananya lebih mengasyikan. Tetapi para wisatawan harus tetap save keselamatan, sebab Pantai ini masih jarang dikunjungi. Para wisatawan yang ingin berenang pun, harus tetap berwspada terhadap diri sendiri dan nggak berenang terlalu jauh ke tengah karena emang Pantai ini, merupakan pantai dengan ombak terbesar. Pantai ini berada di Dusun Ngelo, Desa Jelungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Dari Terminal Gayatri Tulungagung : Dari terminal ke arah timur sekitar 500 meter. Setelah menemukan perempatan lalu lintas, ambil arah selatan, menuju ke Kecamatan Campurdarat. Dari arah barat : Dari arah barat seperti Malang, Surabaya, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Kediri maupun Blitar, bisa langsung ke pusat Kota Tulungagung. Kemudian menuju ke Kecamatan Campurdarat. Sampainya di pertigaan Pasar Campurdarat, belok ke kiri ke arah Pantai Popoh. Sekitar 7 kilometer ada pertigaan SMA Negeri 1 Campurdarat, kemudian ambil arah ke kiri menuju Tanggunggunung. Ikuti jalan yang paling lebar hingga sampai di Pasar Tanggunggunung. Lanjutkan hingga menemukan pertigaan di depan SMP Negeri 1 Tanggunggunung dimana arah Pantai Sanggar ada di arah kanan.

Area tempat wisata Pantai Sanggar lumayan luas dan dibatasi bukit hijau di kanan kirinya. Ayunan ombak khas pantai selatan dan putihnya pasir pantai masih menjadi sajian tetap tempat wisata pantai di Tulungagung ini. Pemandangan menawan ditambah udara segar akan membuat suasana semakin nyaman untuk bercengkerama. Sejauh mata memandang, garis horison terpampang jelas tanpa terhalang karang. Pemandangan ‘ombak menghempas karang’ jarang bisa disaksikan. Di sebelah kanan bukit tebing menjadi pembatas pantai. Batuan karang tampak ‘terdampar’ di bibir pantai, menghiasi pesisir Pantai Sanggar yang indah.

Inilah satu-satunya tempat dimana tarian ‘ombak menghempas karang’ bisa disaksikan. Tak jauh dari pantai tampak Patuk Gebang yang bisa dikunjungi setelah trekking melewati bukit di sebelah kanan. Selain Patuk Gebang bisa sekalian mengunjungi pantai lainnya seperti Jung Pakis, Kali Pucung dan juga Kedung Aqua. Namun, masih lelah karena perjalanan panjang, camp di Pantai Sanggar sangat menarik dicoba sebelum melanjutkan petualangan esok hari. Area Pantai Sanggar sudah bersih dari semak-semak dan di beberapa tempat bisa digunakan untuk camping ceria. Adanya warung makan yang berjajar tak jauh dari bibir pantai tak akan membuat repot jika membutuhkan logistik.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2016/10/pantai-sanggar-tulungagung.html