Pesona Keindahan Wisata Bahari Pantai Pulau Kalong

0 236

Pantai Pulau Kalong

Salah satu destinasi wisata alam berupa pantai yang membentang luas di sekelilingnya. Maka tak lengkap rasanya jika datang ke Jogja tanpa berkunjug ke wisata pantainya. Adapun salah satu wisata pantai yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja anda, yaitu Pantai Pulau Kalong. Wisata Pantai Pulau Kalong ini juga sering disebut dengan nama Pantai Pulau Gelatik. Pantai Pulau Kalong ini termasuk wisata baru yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul.

Wisata Pantai Pulau Kalong sebenarnya berseberangan dengan Pantai Sinden. Sekilas, Pantai Pulau Kalong ini tampak seperti kawasan wisata Pantai Timang yang ada pulau di tengah-tengah lautnya. Wisata Pantai Pulau Kalong ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, lokasi menuju wisata Pantai Pulau Kalong terbilang mudah ditemukan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan lengkap mengenai wisata Pantai Pulau Kalong dibawah ini.

Daya Tarik Pantai Pulau Kalong

Berbeda dengan deretan wisata pantai lain yang ada di Gunungkidul, Pantai Pulau Kalong tidak memiliki pasir putih. Wisata Pantai Pulau Kalong ini justru terdapat tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Di Pantai Pulau Kalong ini, anda bisa mencoba wahana kereta gantung dan jembatan gantung untuk digunakan menyeberang ke Pulau Kalong. Wahana Pantai Pulau Kalong ini sangat cocok untuk anda yang suka menantang adrenalin. Kereta gantung dan jembatan gantung di Pantai Pulau Kalong umumnya dimanfaatkan warga setempat untuk mencari ikan serta lobster. Keunikan lain dari Pantai Pulau Kalong ini yaitu adanya semak belukar yang hijau menyelimuti pulaunya. Wisata Pantai Pulau Kalong ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam spot foto keren. Apabila anda tidak cukup nyali untuk mencoba kereta gantung maupun jembatan gantungnya, anda berfoto selfie saja.

Lokasi Pantai Pulau Kalong

Pantai Pulau Kalong Gunungkidul secara administratif terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunugkidul. Jarak tempuh dari Kota Jogja menuju Pantai Pulau Kalong sekitar 3 jam. Berikut ini alamat GPS Pantai Pulau Kalong yang bisa Anda gunakan apabila mencari lokasi pantai yang sedang ngehits tersebut.

Rute Menuju Pantai Pulau Kalong

Untuk menuju ke Pantai Pulau Kalong kita bisa mengambil rute arah ke Pantai Wdi Ombo. Kalau dari Jogja rutenya Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Kota Wonosari – pasar Hargosari. Dan sebelum melewati polres Gunungkidul ada pertigaan ambil arah kanan menuju Pantai baron – sebelum masuk ke Pantai baron ambil kiri (plang penunjuk) ke arah Wediombo. Lurus terus hingga sampai di pertigaan Siung ambil yang lurus arah ke Pantai Wediombo dan Jungwok. Sebelum masuk ke TPR Pantai Wediombo ada pertigaan ambil lurus ke arah pantai Jungwok. Sepeda motor dititipkan di pantai Jungwok, selanjutnya silakan tanya warga setempat arah ke Pantai Pulau Kalong maka akan ditunjukkan. dari sini kita harus melewati medan yang cukup ekstrim karena naik turun gunung melalui jalan setapak. Koordinat GPS Pantai Pulau kalong adalah -8.199323,110.718927.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Kalong

Untuk masuk ke Pantai Pulau Kalong pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 6.000 termasuk Pantai Sinden, Pantai Jungwok. Sedangakn untuk harga tiket naik Jembatan gantung Rp. 25.000.

Source http://www.berkeliling.com/ http://www.berkeliling.com/2017/10/lokasi-dan-rute-pantai-pulau-kalong-wisata-yang-selalu-hits.html
Comments
Loading...