Pesona Keindahan Wisata Alam Kali Barong di Pacitan

0 71

Kali Barong

Kali Barong merupakan salah satu wisata alam yang berada di Dusun Barong wetan, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Masih satu wilayah desa dengan Pantai Srau yang sudah lebih dulu di kenal wisatawan. Sungai sepanjang sekitar 150 meter ini telah di resmikan oleh bupati Indartato pada 15 Oktober 2015 sebagai wahana wisata sungai baru di Pacitan. Awalnya sungai ini hanyalah sungai biasa, tetapi setelah beberapa waktu lalu dibendung, Sungai Barong kini jadi tempat kegiatan mendayung perahu dan berenang anak-anak dan warga sekitar.

Kali Barong memiliki sumber air yang tak pernah kering walau musim kemarau. Sebelum digunakan untuk wisata dayung, dulunya sungai ini dimanfaatkan warga sekitar untuk pengairan sawah. Jadi manfaatnya cukup terasa untuk kesejahteraan masyarakat disana. Pada ujung sungai juga ada semacam bak bantuan dari PDAM Pacitan beberapa waktu lalu, terus warga memasang pipa dan mengalirkanya ke masing-masing sawahnya, alhasil sawah disana bisa panen berkali-kali per tahunya.

Wahana Dayung Perahu Mancung adalah sebuah kegiatan susur sungai menggunakan Perahu Mancung (Perahu khas Pacitan). Perahu ini muat untuk 3 orang, dan tidak terdapat mesin. Jadi anda harus mendayung sendiri perahu tersebut untuk menggerakkan perahu dengan tongkat pendayung. Butuh keseimbangan dan tekhnik kusus untuk mengemudikan perahu ini, jadi harus minta penjelasan dulu dari pemandu dari warga sekitar sebelum naik.

Ceklukan adalah sebuah kearifan lokal peninggalan leluhur yang sudah hampir seperempat abad hilang. Ceklukan ini merupakan wujud karya seni alunan musik yang dihasilkan dari menepuk-nepuk air dan biasanya dimainkan oleh 6 orang. Dulunya ini adalah bentuk mainan anak-anak jaman dahulu yang masih sering mandi dan bermain di sungai. Seperti yang kita ketahui, Kali Barong merupakan sebuah rintisan desa wisata berbasis masyarakat, yang letaknya juga masih sejalur dengan obyek wisata lainya yaitu Pantai Srau dan Pantai Watukarung. Untuk menikmati keindahan sungai Barong dengan kearifan lokal masyarakat sekitar, semua ini masih gratis dan katanya selamanya akan tetap gratis untuk pengunjung.

Source http://alipz33.xtgem.com http://alipz33.xtgem.com/index/__xtblog_entry/11172523-sungai-barong-pacitan-destinasi-baru-wisata-alam-yang-merupakan-rintisan-desa-wisata-berbasis-masyarakat.-desa-candi-kecamatan-pringkuku?__xtblog_search=maron&__xtblog_block_id=1
Comments
Loading...