Pesona Keindahan Wisata Alam Gunung Klotok di Kediri

0 163

Gunung Klotok

Gunung Klotok merupakan salah satu gunung yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya lumayan jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL. Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya.

Keunikan gunung ini merupakan bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki pula yang merupakan Si Elegan Tidur. Gunung ini yakni pembatas antara Kota dan Kabupaten Kediri di sebelah baratnya. Gunung ini banyak mengandung nilai peristiwa. Di gunung ini terdapat 3 Goa, Gunung ini mempunyai lokasi wisata yang pass beragam.

Fasilitas Gunung Klotok

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Klotok, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Klotok. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Klotok.

Pendakian Gunung Klotok

Gunung ini mempunyai tidak sedikit puncak, tapi yang paling dikenal merupakan Puncak Klop & Watu Bengkah. Puncak Klop berada ditengah sedangkan Watu bengkah berada di selatan. Di Puncak Klop terdapat prasasti yang menandakan itulah puncak teratas dari Gunung ini. Puncak Watu Bengkah umumnya tidak jarang dimanfaatkan buat pengibaran bendera merah putih kala perayaan HUT Republik Indonesia.

Pendakian Gunung ini tak memakan kala yang lama. Lumayan 1-2 jam saja. Terdapat 2 jalur yang biasa difungsikan para pendaki buat mencapai Puncak gunung ini. Jurusan idola pendaki yaitu jurusan bawah atau menyisiri punggungan bukit bersama jalanan yang pass landai tetapi lumayan jauh. Jalur yang lain yakni lewat belakang Goa Selomangleng yang serta-merta melintasi tengah bukit & melintasi Goa Selo Bale. Ke-2 jalur ini bakal berjumpa kepada satu tanah lapang yang serta ialah Pos 1 “Proliman”. Dari Pos 1 kita haruslah tentukan pilihan dapat ke Puncak Klop atau Puncak Watu Bengkah. Utk menuju ke Puncak klop dapat berbelok ke kanan sedangkan utk ke Puncak Watu Bengkah kita lurus saja.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/gunung-klotok/
Comments
Loading...