Pesona Keindahan Wisata Alam Bukit Mojo Gumelem Bantul

0 143

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem merupakan salah satu daya tarik wisata perbukitan pelengkap dari Bukit Panguk Kediwung Bantul. Bukit ini keberadaannya belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata bersamaan dengan pengembangan kawasan wisata di Mangunan. Wisata alam ini cocok digunakan sebagai tempat menikmati senja dan matahari terbenam karena posisinya menghadap ke arah barat.

Bukit Mojo Gumelem diresmikan dan mulai dibuka menjadi obyek wisata pada tanggal 24 Juli 2016. Obyek wisata ini menggunakan area milik Dinas Kehutanan yang ditanami pohon jati. Posisi bukit ini berada di tepi perbukitan yang menghadap aliran Sungai Oyo pada bagian bawahnya. Namun pemandangan Sungai Oyo dari tempat ini tidak seluas wisata perbukitan lain karena terhalang bukit kecil pada bagian bawahnya. Pengelola mengembangkan kawasan wisata ini seperti obyek wisata lain disekitar Mangunan dimana memberikan daya tarik wisata tempat berfoto atau selfie dengan latar pemandangan perbukitan.

Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo terletak tak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Wisata baru dengan spot sarang burung ini terletak di jalur menuju Bukit panguk Kediwung. Tepatnya berada di RT 4 Pedukuhan Kediwung, Mangunan Dlingo Bantul, DIY. Di Mangunan Dlingo Bantul juga terdapat wisata lainnya yang tak kalah ngehits, yaitu wisata Hutan Pinus Mangunan. Akses menuju Bukit Mojo ini cukup bagus, dapat ditempuh dnegan sepeda motor atau mobil, hanya saja jalannya cukup menanjak. Lokasi di area Bukit mojo sendiri sudah cukup lengkap dengan jalan setapak yang dipercantik dnegan tatanan batu batu alam serta gazebo dan bangku di kiri kanan.

Rute Menuju Bukit Mojo Gumelem

Jika dari Jogja menuju ke Bukit Mojo Mangunan, rutenya sebagai berikut: Terminal Giwangan ikuti arah ke Jalan imogiri Timur terus sampai ke pertigaan pasar imogiri dan ambil arah kiri sampai di pertigaan menuju makam raj araj ambil kanan ke arah Mangunan. Setelah itu lurus terus ikuti jalan hingga sampai di Tugu Mangunan lalu belok kanan ke arah kebun buah Mangunan. Di pertigaan kalau ke kanan ke kebun buah, maka belok kiri (lurus) menuju SD Kanigoro setelah belok kanan lalu belok kiri ada pertigaan arah panguk & Mojo, kita ambil kanan ikuti jalan dan sudah ada petunjuk arah ke Bukit Mojo.

Harga Tiket Masuk Bukit Mojo

Saat ini pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di Bukit Mojo cukup hanya mmebayar biaya parkir kendaraan saja dengan tarif Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Namun jika ingin berfoto di spot selfie, harus membayar Rp. 3.000/spot.

Source Jalan Wisata exsplore
Comments
Loading...