Pesona Keindahan Sejarah di Candi Sewu Klaten

0 124

Candi Sewu

Masih terdapat di Obyek Wisata Candi Prambanan, di ujung sebelah utara terdapat Candi Sewu. Candi Sewu ini jarang disinggahi wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan karena jarak tempuh ke Candi Sewu ini sejauh 800 meter ini cukup melelakan bila ditempuh dengan berjalan kaki. Candi Sewu adalah candi buddha yang dibangun pada abad ke-8. Merupakan komplek candi Buddha terbesar kedua setelah candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada candi Prambanan. Sebenarnya hanya terdapat 257 candi, oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Candi “Sewu” yang berarti “seribu” dalam bahasa Jawa. Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang.

Lokasi Candi Sewu

Secara administratif Candi Sewu berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya tepat di tepi Jalan Candi Sewu, 800 meter ke arah utara jalan Jogja-Solo.

Rute Menuju Candi Sewu

Untuk menuju lokasi dari Jogja mengambil arah ke Solo dan sebelum perbatasan Jogja-Klaten, lebih tepatnya di lampu lalu lintas terakhir ambil arah kiri, lalu ikuti jalan aspal yang ada ke arah Utara. Sekitar 500 meter akan menemukan perempatan ambil kiri. Diujung jalannya akan terlihat lokasi yang bersebelahan dengan Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk  Candi Sewu

Untuk memasukinya, pengunjung diharuskan membayar Rp. 30.000,00. Tiket yang ada sudah termasuk asuransi dan tiket masuk ke Candi Prambanan dan Candi Sewu. Karena Candi Sewu berada di kawasan Candi Prambanan. Selain kedua candi tersebut, masih ada candi yang letaknya sejalur dengan lokasi mulai dari Candi Lor, Candi Kidul, Candi Lumbung, Candi Bubrah, Candi Guna, dan lain sebagainya.

Relief Candi Sewu

Patung yang ada memiliki 3 bagian yaitu kaki, badan dan atap atau kepala. Untuk bagian kaki memiliki relief bermotif purnakalasa atau jambangan bunga dan terdapat arca singa yang ada disetiap sudut pertemuan kakinya. Disisi luar pipi tangga ujungnya berbentuk makara, dengan relief bermotif kalpawrsa, yaksa dan masih dengan jembangan bunga berbentuk sankha. Untuk bagian badan patung terdapat relief dewa dalam posisi duduk atau vajrasana dan kepalanya yang dikelilingi api yang atau siracakra sebagai simbol kekuatan dewa. Diambang pintu terdapat kala makara. Terdapat juga relief penabuh gendang dan penari serta guna yang merupakan makhluk cebol dari khayangan, ditiap sudut bangunan. Anda dapat melihat gambar candi sewu yang sudah banyak terekam di dunia maya.

Source wisata klaten
Comments
Loading...