Pesona Keindahan Pantai Koka di Maumere NTT

0 190

Pantai Koka Maumere

Pantai Koka atau yang biasa dijuluki dengan The Dream Beach ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Kota Maumere, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata favorit di Maumere. Dari Kota Maumere jaraknya sekitar 48 km. Pemandangan indah dengan hamparan pasir putih dan birunya laut di Pantai Koka menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran jika banyak para wisatan yang datang ke Pantai Koka ini hanya untuk melihat keindahan pantai yang terletak di kota Maumere ini.

Image result for pantai koka di maumere

Pantai yang letaknya tidak jauh dari kota Maumere ini mulai dilirik para wisawatan. Pasir pantainya yang bersih dan air lautnya yang jernih serta tebing-tebing karang yang memagari pantai ini terlihat mempesona. Sekilas pantai ini mirip dengan Tanjung Aan yang ada di Lombok. Yakni dua teluk kecil yang di padu dengan pulau kecil yang membentuk tanjung. Ombaknya juga tidak terlalu besar. Jadi cocok untuk bermain air bersama sahabat atau keluarga.

 

Legenda Pantai Koka

Cerita rakyat pada jaman dahulu, tersebutlah kisah dua orang nelayan yang sedang menjala ikan disana. Setelah jala diangkat ternyata ada seekor ular yang terjerat jala. Kemudian dua nelayan itu membunuh ular itu. Keesokan harinya salah satu nelayan meninggal dunia karena terjatuh dari pohon kelapa. Sedangkan satu nelayan lainnya tiba-tiba menjadi gila. Percaya tidak percaya tapi itulah cerita yang berkembang disana. Subuah kewajiban buat kita pendatang untuk menghormati segala hal yang ada di sebuah lokasi yang kita datangi.

Image result for pantai koka di maumere

Cerita serupa juga pernah saya temukan di pulau ular Sape, ujung timur pulau Sumbawa. Cerita yang berkembang dikedua daerah itu ternyata sama. Pulaunya terjadi karena kapal yang karam atau terbalik. Dan ular-ular itu adalah awak kapal yang karam itu. Nah boleh percaya atau tidak, di pulau ular yang letaknya tidak jauh dari Sape, itulah pertama kali saya berani memegang dan mengelus kepala ular laut loreng yang terkenal berbisa. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab musabab. Bapak nelayan lokal yang mengantarkan saya kesana memberi tahu kalau kita mengelusnya, ular-ular itu akan memberi berkah buat kita. Sekali lagi percaya-tidak percaya tergantung kita menyikapinya. Saya hanya percaya satu hal, ular itu ciptaan Tuhan. Dan ketika saya menghargainya, artinya saya juga mengaragai diri saya sendiri sebaga sesama mahluk Tuhan.

Image result for pantai koka di maumere

Terlepas dari mitos yang berkembang di pantai Koka, Pantai ini sungguh luar biasa keindahannya. Meskipun fasilitasnya masih minim sekali, saya yakin di kemudian hari pasti akan di datangi banyak pengunjung. Dan semoga keaslian pantai yang indah itu tetap terjaga dari sampah dan tangan-tangan jahat investor yang mengangkangi pantai-pantai itu jadi milik pribadi. Sehingga masyarakat lokal sendiri susah untuk memasuki area Pantai, seperti beberapa daerah wisata di Nusantara.

Bagi kalian yang memiliki hobi berselancar juga bisa menjadikan Pantai Koka ini sebagai pilihan yang tepat. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar dan bisa mencapai ketinggian 1,5 m dengan terpaan yang sangat kuat. Sedangkan untuk akses menuju ke Pantai Koka, Anda harus terlebih dahulu memilih penerbangan yang menuju ke bandara Maumere. Dari bandara Maumere Anda bisa menyewa mobil untuk menuju ke Pantai Koka dengan tarif mulai dari Rp. 400.000 sudah plus sopir per hari atau Rp. 50.000 per jam.

Source Maumere Hits Pantai Koka
Comments
Loading...