Pesona Keindahan Gunung Haruman Garut

0 151

Gunung Haruman

Gunung Haruman merupakan salah satu Tempat Wisata di Garut yang biasa digunakan untuk Olahraga Paralayang. Para Pecinta Paragliding banyak yang mencoba untuk menikmati alam dan suasana Wisata di Garut dari ketinggian Gunung Haruman. Gunung Haruman berada di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut – Jawa Barat yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Garut.

Keindahan Gunung Haruman

Kawasan Gunung Haruman memiliki ketinggian yang dianggap cocok dan sesuai untuk menggelar Paragliding. Dengan fasilitas terbang layang yang tersedia, tentu menjadi Gunung Haruman identik dengan olahraga yang penuh dengan tantangan nyali ini. Lebih dari itu, pemandangannya yang sangat indah membuat gunung ini semakin menjadi favorit para wisatawan untuk datang dan berkunjung kesini, entah ber-Paragliding atau hanya menonton saja keindahan alamnya.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter diatas permukaan air laut (dpl) dan memiliki konfigurasi lahan yang bergunung dengan kemiringan lahan yang agak curam dan daya serap tanah yang cukup baik. Stabilitas tanahnya juga baik dimana jenis material tanahnya, secara umum yakni pasir berbatu. Sehingga karena itu, sedikit banyak sangat mempengaruhi tanah disini tepat atau tidak jika dipakai Paragliding. Dan melihat dari konstruksi yang ada, ternyata ketinggian, kontur dan jenis material tanah yang baik, serta tentunya fasilitas penunjang yang ada membuatnya pas untuk menjadi lokasi favorit Paragliding.

Ukuran luas landasan yang digunakan untuk terbang layang adalah 40 x 15 meter persegi yang memiliki lapisan permukaan tanah rerumputan dengan kemiringan lahan yang landai. Untuk melakukan olah raga terbang layang, setiap pengunjung biasanya membawa peralatan sendiri, hal ini dikarenakan belum adanya pengelolaan secara khusus sehingga kurang tersedia peralatan yang dibutuhkan. Kegiatan wisata yang biasanya dilakukan di kawasan ini adalah terbang layang, tracking, menikmati pemandangan dan fotografi. Pengunjung yang dating ke Gunung Haruman berasal dariJakarta, Jateng dam Jawa Timur.

Akses Menuju Gunung Haruman

Untuk mencapai lokasi terbang layang Gunung Haruman, baraya bisa melalui jalan raya Gatut-Bandung melewati Kecamatan Kadungora. Dari Kecamatan Kadungora dapat menggunakan kendaraan pribadi atau ojeg menuju Desa Haruman Sari. Jarak yang ditempuh lebih kurang 15 km dengan lebar jalan 2-4 m. Untuk menuju landasan terbang layang dari Desa Haruman Sari berjarak 7-8 km, biasanya pengunjung menggunakan mobil jeep atau sejenisnya, hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang sangat rusak.

Source Jalan Wisata bandung paduan wisata
Comments
Loading...