Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-qWIL6N.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pesona Keindahan Alam Curug Cibadak Garut

0 175

Curug Cibadak

Curug Cibadak adalah salah satu dari sekian banyak anugerah alam dari lansekap Garut Selatan yang khas. Lansekap pegunungan yang membatasi Garut bagian tengah dan Garut bagian selatan memang tidak seperti gunung-gunung tinggi, PapandayanGuntur, dan Cikuray, deretan pegunungan di Garut selatan memiliki kontur yang sangat rapat dan dengan struktur tanah yang lebih banyak berupa batu besar. Kontur dan struktur tanah ini membentuk tebing-tebing tinggi yang sangat indah.

Akses Menuju Curug Cibadak

Curug Cibadak terletak di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Jika kalian pergi dari arah Garut Kota menuju ke Garut Selatan, ambillah jalan terusan Cikajang-Pameungpeuk. Akses menuju Cihurip adalah berbelok ke kiri setelah masuk daerah Gunung Gelap, sebelum Neglasari. Sudah ada gapura masuk bertuliskan Kecamatan Cihurip, jadi jangan sampai terlewat. Dari sini jalan masih bagus, naik ke punggungan Gunung, dengan panorama yang luar biasa indah, baik di kiri maupun kanan jalan (kiri-kanan jurang lho, Travelmate). Walaupun jalannya bagus, tanjakan di sini lumayan curam, juga sempit dan rawan longsor, jadi harus sangat hati-hati.

Terus ikuti jalan hingga ke pertigaan Desa Jayamukti, dan ambil jalan lurus. Dari Jayamukti ini jalan menjadi terjal berbatu dan cukup sulit untuk dilalui. Jika kalian membawa kendaraan roda dua atau roda empat, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi prima ya Travelmate. Dan jangan membawa kendaraan dengan chasis rendah karena pasti bakal sulit melewati jalan berbatu di sini. Untungnya beberapa tanjakan curam telah di beton sehingga relatif mudah dilalui.

Keindahan Curug Cibadak

Curug Cibadak ini sangat unik karena tersembunyi dari keramaian tetapi lokasinya tidak jauh dari jalan raya pedesaan. Tepat di pinggir jalan sehingga sangat mudah untuk melihatnya, cukup menengok ke arah kiri, kita sudah disuguhi dengan deburan air yang terjun bebas dari bukit dengan pemandangaanya yang memanjakan mata. Air terjun mengalir deras sehingga menghasilkan suara gemuruh disertai pemandangan hijau dari perbukitan dan kawasan persawahan. Suasana alam yang berada disekitaran curug cibadak sangat menyejukan, selain itu airnya sangat jernih dan menyegarkan. Namun harus berhati hati ketika bermain tepat berada di bawah curugnya, karena ketika musim penghujan airnya akan membesar, bisa bisa hembusan airnya sampai kepinggiran jalan. Tetapi, ketika tidak hujan kira kira selama 2 minggu debit air curug cibadak mengecil dan airnya menempel ke dinding batu.