Pesona Grojokan Air Terjun Lepo Dlingo Bantul Yogyakarta

0 160

Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo ini merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal di Kabupaten Bantul. Air terjun ini telah dibuka sejak dua tahun lalu atau sekitar tahun 2013. Saat ini mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke wisata air terjun ini dan ramai pengunjung pada akhir pekan. Kondisi Air Terjun Grojogan Lepo masih cukup alami dan memiliki beberapa tingkatan air terjun. Air Terjun Grojogan Lepo yang berasal dari singkatan Ledok Pokoh terletak di dusun Pokoh 1, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Kedalaman Air Terjun Lepo

Air terjun tersebut sangat cantik, terdiri dari 3 air terjun serta 4 kolam yang jernih airnya. Keempat kolam yang biasa digunakan untuk berenang tersebut memiliki kedalaman air yang tidak sama. Kolam pertama memiliki kedalaman sekitar 2 meter, sehingga kebanyakan dipergunakan oleh kaum remaja atau dewasa. Kolam kedua lebih luas daripada kolam pertama dan memiliki kedalaman sekitar sebatas pinggang orang dewasa. Kolam kedua ini sungguh eksotis, karena dikelilingi oleh bebatuan yang tersusun secara alami. Terdapat sebuah titian dari batu serta selokan kecil yang tentu saja menambah keelokannya. Juga tampak sebuah cerukan batu yang berada di salah satu sisi kolam.

Kolam ketiga merupakan kolam terdangkal sehingga bagian dasar kolamnya yang tertutup endapan kapur pun bisa tampak dari permukaan air. Hal unik yang terdapat di kolam ketiga adalah adanya tebing-tebing batu berbentuk balok yang tersusun alami. Bagi anak-anak disarankan untuk bermain air atau mandi di kolam kedua atau ketiga yang tergolong paling aman. Dan yang terakhir adalah kolam keempat yang memiliki tingkat kedalaman hampir sama dengan kolam pertama namun dengan luas area yang lebih sempit.

Fasilitas Sekitar Air Terjun Lepo

Meskipun masih tergolong sebagai obyek wisata baru, namun pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Beberapa warung makan terdapat di sini dengan berbagai aneka menu pedesaan nan menggugah selera. Jadi kamu tidak usah khawatir akan kelaparan di sini! Selain itu juga terdapat fasilitas lain seperti aula bagi yang ingin mengadakan acara pertemuan di tempat ini. Meskipun sederhana, namun cukup memadai untuk penyelenggaraan acara. Juga telah tersedia kamar mandi, tempat persewaan pelampung, serta tempat persewaan tikar.air terjun lepo dlingo bantul,rute air terjun lepo di jogja.

Rute Menuju Air Terjun Lepo

Rute untuk menuju ke Air Terjun Lepo, tidak terlalu sulit. Jika kamu datang dari pusat kota Yogyakarta, kamu butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Kamu langsung saja menuju ke arah timur (arah Imogiri) hingga tiba di kantor Kecamatan Dlingo. Lokasi ini merupakan patokan jika kamu belum pernah berkunjung. Selanjutnya silahkan bertanya pada penduduk lokal arah menuju ke Dusun Pokoh I yang merupakan lokasi air terjun. Mengenai tiket masuk ke obyek wisata ini belum ada ketentuan resmi. Artinya kamu hanya perlu memberikan uang seiklasnya sebagai biaya masuk.
Source http://garasijogja.com http://garasijogja.com/air-terjun-lepo-dlingo-bantul/
Comments
Loading...