Pesona Danau Siais di Tapanuli Selatan

0 9

Danau Siais

Tapanuli Selatan, salah satu kabupaten yang berada di Kawasan Barat Provinsi Sumatera Utara menyimpan beragam destinasi wisata yang masih jarang terjamah. Di kabupaten yang masyarakatnya mayoritas berasal dari etnis Mandailing ini memiliki danau terbesar kedua di Sumatera Utara yakni Danau Siais.

Danau Siais Danau Siais terletak di Desa Rianiate dengan jarak sekitar 40 kilometer dari Padang Sidempuan yang kini telah berstatus sebagai kotamadya. Tidak hanya menarik sebagai tujuan wisata alam, Siais juga memiliki kearifan lokal yang belum diketahui secara luas oleh publik kecuali masyarakat di sekitar lokasi.

Para penduduk dan pengunjung rata-rata menyalurkan hobi memancing mereka, seperti diketahui, di kawasan perairan air tawar ini terdapat banyak jenis ikan. Kamu juga bisa menjelajah sekitar danau dengan menggunakan sampan. Menariknya, di sekitar Siais ada juga Air Terjun Siais yang memiliki ketinggian mencapai.

Dengan luas mencapai 4 hektar, aksesibilitas menuju Danau Siais memang belum dikelola secara optimal padahal danau ini merupakan salah satu potensi pariwisata Tapanuli Tengah. Apalagi dengan kontur wilayah berupa pegunungan hijau ditambah suasana dingin tentu saja Siais memiliki daya tarik tersendiri bila dibenahi secara serius.

Rute Menuju ke Danau Siais

Dari Medan kamu dapat menggunakan dua moda transportasi sesuai pilihan. Jika memanfaatkan transportasi udara, maka berangkatlah dari Kuala Namu International Airport (KNO) menuju Aek Godang Airport di Padang Lawas Utara. Dari bandar udara tersebut, silahkan melanjutkan perjalanan ke Gunung Tua dan dilanjutkan ke Desa Rianiate. Namun bila memanfaatkan transportasi darat, di sekitar jalan Sisingamangaraja banyak terdapat angkutan umum yang akan membawa kamu ke Padang Sidempuan hanya saja waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Source https://www.pariwisatasumut.net https://www.pariwisatasumut.net/2018/01/pesona-danau-siais-di-tapanuli-selatan.html
Comments
Loading...