Pesona Curug Bibijilan, Keindahan Air Terjun Batu Kapur Sukabumi

0 78

Curug Bibijilan

Curug Bibijilan merupakan salah satu wisata air yang hemat dan sangat menyenangkan di Sukabumi. Curug Bibijilan berjarak sekitar 2.5 kilometer dari pintu masuk Goa Buniayu yang di kelola oleh pihak Perhutani. Jadi biasanya pengunjung yang datang ke curug ini juga sudah mengunjugi wilayah lain yang memang bertetanggaan dengan lokasinya.

Lokasi Curug Bibijilan

Curug Bibijilan terletak di Dusun Lebak Nangka, sebuah dusun di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug ini masih termasuk ke dalam kawasan wisata Buni Ayu dan terletak tidak jauh dari lokasi gua, berjarak sekitar 3,3 km dari curug. Jika mengunjungi Gua Buni Ayu maka Curug Bibijilan adalah destinasi selanjutnya yang harus Anda jelajahi. Jika musim hujan tiba.

Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang cukup tinggi dan deras. Curug ini sangat tepat dikunjungi selain musim penghujan. Biaya yang Anda harus keluarkan untuk memasuki lokasi wisata Curug Bibijilan sebesar Rp. 4000,- per orangnya, parkir kendaraan roda dua senilai Rp. 2000,- dan Rp.4.000,- untuk roda empat. Untuk fasilitasnya, Anda tidak perlu khawatir, sudah ada mushalla, warung makan, toilet dan semacam tempat duduk untuk sekedar melepas penat Anda saat menempuh perjalanan.

Cara Menuju Ke Curug Bibijilan

Untuk bisa sampai di lokasi Anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot menuju ke Nyalindug Jampang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Buni Ayu. Anda bisa berhenti di Tugu Campus Rindu Alam kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi. Atau bisa juga berangkat dari Sukabumi menuju ke Sagaranten.

Kemudian masuk ke gapura yang bertuliskan Gua Buniayu Perhutani yang ada di sisi kiri jalan. Selanjutnya Anda masih harus berjalan kaki menyusuri kawasan hutan pinus sejauh 1,5 km hingga sampai di pos penjagaan gua, nah dari sana jaraknya sudah sangat dekat ke lokasi curug. Anda harus hati-hati saat melewati jalan-jalan setapak yang ada di tengah hutan pinus. Terlebih pada saat sehabis hujan karena biasanya jalan akan menjadi sangat licin dan becek. Perhatikan langkah Anda agar tidak tergelincir. Dari pinggiran tebing curug sudah bisa terlihat, namun Anda harus hati-hati jika ingin berjalan ke tepi untuk melihat-lihat.

Source wisata sukabumi
Comments
Loading...