Pesona Benteng Pendem Ambarawa Semarang Jawa Tengah

0 167

Benteng Pendem Ambarawa

Salah satu pesona lain dari Ambarawa adalah keberadaan Benteng Pendem. Benteng Pendem adalah sebutan populer wisatawan bagi sebuah bangunan tua bernama Fort Willem I. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa. Patokannya jika kalian ingin berkunjung ke sini, posisinya di belakang RSUD Ambarawa. Lokasi ini memang eksentrik karena menyimpan sejarah yang panjang. Karena keunikannya itulah Benteng Pendem pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Soekarno.

Sejarah Benteng Pendem Ambarawa

Beberapa traveler yang pernah mengunjungi benteng Pendem ini menurutkan bahwa tidak mudah untuk masuk ke dalam Benteng Pendem ini. Pasalnya, kini benteng Pendem ini masih berfungsi dan dijadikan tempat tinggal warga. Salah satu akses dari dua akses yang ada, yaitu melalui Lapas Ambarawa atau melalui RSUD Ambarawa. Sebaiknya kalian meminta izin terlebih dahulu sebelum masuk dan berfoto-foto agar tidak menganggu penghuni.

Lokasi Benteng Pendem Ambarawa

Lokasi Benteng Pendem Ambarawa berada dekat dengan Museum Kereta Api Ambarawa. Letaknya di belakang RSUD Ambarawa dan berada dalam kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa. Sehingga jika ingin memasuki wilayah Benteng Pendem, pengunjung harus lapor terlebih dahulu kepada petugas penjaga pintu masuk Lapas Ambarawa sebelum diijinkan masuk. Atau bisa melalui jalan alternatif yang dekat RSUD Ambarawa.

Tips Berlibur Benteng Pendem Ambarawa 

  • Benteng Pendem ini memang bukan wisata umum terbuka, sebaiknya kalian yang berkunjung kesini harus membawa kenalan, jika berani silahkan coba bernegosiasi dan meminta izin kepada petugas lapas atau petugas dekat RSUD Ambarawa.
  • Sebagian dari bangunan benteng Pendem ini digunakan sebagai lapas dan asrama para penjaga lapas, jadi saat mendapatkan izin masuk, diharapkan menjaga ketenangan dan kebersihan lingkungan.
  • Di depan pintu Lapas sebetulnya terdapat menara air yang juga usianya sudah lebih dari satu abad.
  • Lokasi parkir sudah tersedia di area Lapas atau RSUD Ambarawa. Siapkan uang saja untuk biaya parkir kendaraaan.
  • Lokasi ini juga digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.
  • Di beberapa lokasi terdapat larangan masuk, mohon patuhi demi keselamatan karena bagimanapun usia bangunan ini sudah sangat tua.
Source Jalan Wisata adeutomo
Comments
Loading...