Pesona Batu Tungga Bukik Batu Patah

0 10

Batu Tungga yang terletak di Bukit Batu Patah Pagaruyung memiliki keunikan tersendiri kalau kita naik kesana maka akan terlihat view pagaruyung dengan istanonya yang indah dipandang mata. Di Bukik Batu Patah tidak hanya pemandangan yang bisa dilihat namun banyak objek wisata sejarah ada disini konon kabarnya Istano basa Pagaruyung dahulunya terletak di atas bukit ini, selain itu juga terdapat tigo luak yang tidak pernah kering sekalipun musim kemarau dan airnya juga memilki tiga warna yang orang di Pagaruyung menamakan Luak Rajo.

Objek wisata di Pagaruyung banyak yang perlu dikembangkan dan dikelola dengan baik, karena Pagaruyung memiliki culture sejarah pada masa lalu, termasuk Bukit Batu Patah itu sendiri yang juga memiliki cerita, di Pagaruyung dahulunya juga ada rumah gadang orang Pagaruyung menamakan Rumah Bukik, menurut cerita rumah gadang tersebut dipindahkan dari atas Bukit Batu Patah ke Pagaruyung tepatnya di Jorong Balai Janggo, namun sekarang keberadaan rumah tersebut sudah tidak ada lagi.

Batu Tungga yang terletak di atas Bukit Batu Patah tepatnya di belakang Istano Basa Pagaruyung, kalau dikelola dengan baik tentu akan menambah objek wisata di Pagaruyung itu sendiri, seperti kalau dibangun great wall menuju puncak bukit setiap pengunjung tentu akan dapat menikmati keindahan panorama Istano dari puncak bukit, tambah lagi kota Batusangkar juga akan tampak dari puncak ini.

Dari puncak bukit juga disediakan fasilitas seperti di Pintu Angin untuk tempat istirahat dan kegiatan alam serta fasilitas parkir sehingga pengunjung juga akan lebih mencintai keagungan tuhan, dari pintu angin pengunjung akan meneruskan perjalanan melewati Kubang Landai yang juga dapat menghidupkan perekonomian masyarakat. Bumi perkemahan juga terdapat di belakang Istano Basa Pagaruyung yang dapat dimanfaat untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan kepramukaan dan lainnya.

Untuk wisatawan juga dimanjakan dengan aneka kuliner khas Tanah Datar dan akan lebih menarik bumi perkemahan ini dilengkapi dengan fasilitas out bondnya maupun fasilitas water boom yang sangat banyak diminati wisatawan untuk menghabiskan waktu libur. Selain itu di Istano Basa Pagaruyung pengunjung juga diperkenalkan dengan berbagai pakaian adat datuk-datuk yang ada di Tanah Datar ini.

Karena setiap daerah di Tanah Datar memiliki pakaian adat yang berbeda, begitu juga dengan pakaian adat perkawinan yang memiliki keunikan tersendiri. Untuk kedepan objek wisata di Tanah Datar khususnya di Pagaruyung perlu lebih dikembangkan lagi mengingat cukup banyaknya pengungjung setiat harinya baik lokal maupun manca negara selain itu disini juga sering digelar acara internasional seperti Tour de Singkarak yang fhinis atapenya di Istano Basa ini

Source https://www.tanahdatar.go.id https://www.tanahdatar.go.id/berita/449/pesona-batu-tungga-bukik-batu-patah.html
Comments
Loading...