Pesona Alam Pulau Sapeken, Ujung Timur Pulau Madura

0 131

Pulau Sapeken

Pulau Sapeken merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kota Sumenep pulau paling timur selain Pulau Sepanjang di Provinsi Kepulauan Madura. Kepulaun Madura sendiri merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah timur bagian atas provinsi Jawa Timur. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia.

 Kesempatan untuk mengunjungi Pulau Sapeken merupakan salah satu bagian dari kegiatan survei dan identifikasi pulau-pulau kecil KP3k. yap ini adalah salah satu perjalanan saya yang paling mendekati Bali, salah satu pulau yang belum pernah saya kunjungi dan merupakan salah satu impian saya untuk berkelana di Bali, tapi cerita saya ini bukan menceritakan tentang keindahan Pulau Dewata, malainkan tentang Pulau Sapeken, Pulau yang berada di ujung timur Kepulauan Madura.

Perjalanan saya untuk menuju Pulau Sapeken memang cukup melelahkan. Akses menuju pulau ini bisa dikatakan cukup sulit dan cukup melelahkan tentunya. Perjalanan Jakarta-Surabaya dapat ditempuh dengan menggnakan pesawat atauberkendara menggunakan mobil atau bis. Dari Surabaya dapat ditempuh dengan menggunakan mobil menuju kota Sumenep. Perjalanan Surabaya hingga Sumenep dapat ditempuh dalam waktu 4-5 jam.

Dari Sumenep dilanjutkan perjalanan menuju Pulau Kangean. Perjalanan menuju Pulau Kangean dapat menggunakan kapal laut ferry dengan waktu tempuh 18 jam atau kapal express air dengan waktu tempuh 4 jam. Harga tiket kapal express ar sendiri Rp. 125.000/orang untuk kelas bisnis, sedangkan untuk kelas eksekutif Rp.175.ooo/orang. Untuk sampai menuju Pulau Sapeken dari Kangean dilanjutkan dengan  menggunakan perahu motor biasa dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Source https://sukmaraharja.wordpress.com/ https://sukmaraharja.wordpress.com/2012/06/04/cerita-dari-pulau-sapeken-ujung-timur-pulau-madura/
Comments
Loading...