Permandian Kali Topa Desa Wabula, Pulau Buton

0 10

Permandian Kali Topa

Kabupaten Buton ternyata memiliki spot wisata alam yang banyak. Khusus di Desa Wabula, Kecamatan Wabula, terdapat satu permandian alam yang dinamakan masyarakat setempat Kali Topa. Kali ini tepat berada diujung kampung, yang bila diakses dengan kendaraan roda dua hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Namun jika berjalan kaki, butuh waktu 10 menit saja.

Kali Topa memiliki keunikan sendiri. Aliran kali ini bertemu dengan air laut. Namun anehnya, air kali tidak berubah asin, namun tetap tawar.Air kolam pun sangatlah jernih dan kebiruan. Ditambah lagi gugusan batu kars yang ada dipinggir kali seakan makin menambah keindahan kali ini. Dipastikan, bagi siapa saja yang melihat, sudah pasti akan tergoda untuk menceburkan diri merasakan dinginnya Kali Topa.

Mengenai sarana, kali ini juga sudah dibangun deker yang diperuntukan buat pengunjung. Menurut Kepala Desa Wabula, Razilu, lokasi ini memang menjadi tempat refresing masyarakat, baik warga setempat maupun masyarakat luar. Muaranya itu menuju dan bertemu dengan air laut. Tapi tidak asin, karena ada mata airnya,” tutur kades ditemui dirumahnya, Rabu.Selain Kali Topa, ternyata desa ini juga memiliki spot diving yang menyuguhkan gugusan karang indah. “Dibagian kedalaman itu terdapat palung. Nah di palung ini terdapat karang-karang yang bagus. Lokasi ini juga sudah pernah dikunjungi wisatawan asing,” katanya.

Source http://butonpos.fajar.co.id http://butonpos.fajar.co.id/kunjungi-indahnya-permandian-kali-topa-desa-wabula/
Comments
Loading...