Perkampungan Tua Bitombang : Objek Wisata Sejarah Kepulauan Selayar

0 74

Perkampungan Tua Bitombang

Kepulauan Selayar dikenal dengan mayoritas wisatanya adalah wisata pantai. Namun, jika kita berjalan ke arah Timur, terdapat juga beberapa wisata pegunungan yang tidak kalah indahnya dengan wisata-wisata lainnya. Wisata tersebut dapat menjadi opsi bagi wisatawan yang suka traveling.

Perkampungan Tua Bitombang adalah sebuah kampung yang terletak di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Lokasi ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari Ibu Kotas Selayar, Kota Benteng. Kampung tersebut bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan waktu kurang lebih 30 Menit.

 

Asal-usul dari penamaan kampung ini adalah karena banyaknya rumah yang memilki usia di atas 100 – 200 Tahun sehingga dinamakan Perkampungan Tua Bitombang. Adapun yang menarik adalah rumah tersebut terbuat dengan desain rumah panggung.

Kampung ini terletak di lereng sampai ke puncak bukit. Rumah-rumah sebagian besar terletak di lereng bukit dengan tiang-tiang yang menjulang di bagian belakang berkisar 10 – 20 meter dan bagian depannya hanya berkisar 2-3 meter.

Di sekitar perkampungan, terdapat tanah yang agak lapang dan tidak curam. Hal ini mengandung makna tersendiri bagi penduduk kampung tersebut. Dalam banyak kebudayaan, pemilihan lokasi rumah selalu dengan banyak pertimbangan, misalnya menyangkut tanah lokasi, arah mata angin, penggunaan kayu, sampai dengan ritual songkobala atau ritual memohon doa keselamatan dan keberkahan.

Adapun alasannya rumah tersebut dibangun tinggi adalah kerena menurut kepercayaan penduduk setempat, bangunan yang tinggi menandakan kekokohan. Atas dasar itulah mereka membuat suatu bangunan yang memiliki tiang sepanjang puluhan meter. Pembangunan rumah tersebut juga didahului dengan ritual-ritual adat daerah setempat sehingga yang membangun rumah tersebut bukan orang sembarang.

Obyek wisata ini sudah dijadikan sebagai salah satu objek wisata resmi di Kepulauan Selayar sehingga sangat mendukung untuk para wisatawan yang ingin pergi ke sana dengan tujuan wisata budaya maupun wisata lainnya. Untuk sekarang, jika masuk ke dalam tempat tersebut masih gratis dan tanpa dipingut biaya apapun sehingga sangat tidak membebani para wisatawan yang ingin kesana.

Source https://wartakita.id https://wartakita.id/2016/06/perkampungan-tua-bitombang/
Comments
Loading...