Pengertian Negara Menurut Robert Mac Iver

Robert Morrison MacIverDi dunia ini terdapat beberapa negara yang memiliki wilayah kekuasaannya tersendiri, dan pastinya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kata “negara”? Namun, apakah kamu tahu definisi negara sesungguhnya? Pasalnya, para ahli juga telah memberikan pendapatnya mengenai pengertian negara, salah satunya pengertian negara menurut Robert Mac Iver.
Pengertian negara secara umum bukan hanya mencangkup kekuasaan wilayahnya saja, melainkan memiliki pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain. Ketika ketiga hal tersebut sudah dapat dipenuhi, maka dapat dikatakan sebuah negara yang merdeka. Selain definisi negara, mungkin kamu juga akan bertanya, apa sebenarnya fungsi dan tujuan negara?

Pengertian negara menurut Robert Mac Iver

Pengertian negara menurut ahli Robert Mac Iver, negara merupakan asosiasi yang memiliki tugas untuk menjaga ketertiban dalam lingkup masyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku dan diselenggarakan oleh pemerintah yang telah diberikan kekuasaan memaksa. Baca juga: Pengertian Konsep Negara Menurut Kranenburg

Dari pengertian yang disampaikan oleh Robert Mac Iver, dapat disimpulkan bahwa pemerintah yang berdaulat serta masyarakat yang tinggal di dalamnya memiliki hubungan erat. Di mana pemerintah harus menyelenggarakan ketertiban dalam lingkungan masyarakat, sedangkan masyarakat berkewajiban untuk mengikuti ketertiban tersebut. Hal tersebutlah yang menciptakan keseimbangan dalam sebuah negara.

Tujuan Negara

setiap negara tentu memiliki tujuan tersendiri, adapun Miriam Budiharjo(2010) berpendapat jika negara merupakan pandangan sebagai asosiasi manusia yang hidup berdampingan serta bekerjasama untuk mendapatkan tujuan yang sama pula. Adapun tujuan negara tersebut tentunya untuk menciptakan kebahagiaan setiap rakyatnya. Selain itu, ada pula fungsi dan tujuan negara untuk menciptakan ketertiban serta keamanan bagi masyarakatnya, dan memastikan hak-hak asasi manusia setiap warga negara terlindungi dan terjamin.

Negara Indonesia sendiri memiliki tujuan yang sudah tertulis dalam pembukaan UUD 1945 tepatnya pada alinea ke empat, adapun 4 tujuan negara Indonesia yaitu:

  • Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • Memajukan kesejahteraan umum
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia

Itulah beberapa penjelasan mengenai negara, mulai dari pengertian negara menurut Robert Mac Iver hingga tujuan negara. Semoga artikel singkat ini bermanfaat

Tinggalkan komentar