Db7TMTvAXbkAk3cqbb

Pengertian Konsep Negara Menurut Kranenburg

Kranenburg adalah seorang politisi asal Belanda yang juga merupakan pengacara dan profesor hukum negara. Teori kranenburg mengenai konsep negara cukup dikenal hingga bisa disandingkan dengan para ahli kenegaraan lainnya. Pengertian negara menurut  Kranenburg merujuk pada istilah organisasi kekuasaan.

Apa Itu Negara Menurut Kranenburg

Pengertian negara menurut Kranenburg yaitu suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan sekelompok manusia, lalu disebut sebagai sebuah bangsa. Menurut teori Negara Kesejahteraan yang digagas oleh R. Kranenburg, negara harus aktif dan mengupayakan kesejahteraan untuk rakyatnya.

Tujuan negara menurut Kranenburg juga harus bertindak adil sehingga keadilan tersebut bisa dirasakan seluruh masyarakat secara merata dan seimbang. Bukan kesejahteraan yang hanya dirasakan oleh golongan tertentu tapi seluruh rakyat di negara tersebut.

Teori Negara Kesejahteraan ini punya makna berbeda-beda pada setiap individu. Namun ada empat makna dari teori tersebut sebagai berikut.

Kondisi Sejahtera

Pada kondisi ini di mana terpenuhinya kebutuhan material dan non material. Pengertian negara menurut para ahli cukup berbeda-beda, kondisi sejahtera memungkinkan Kehidupan manusia aman dan bahagia karena semua kebutuhan dasar seperti gizi kesehatan pendidikan tempat tinggal dan pendapatan bisa terpenuhi. manusia juga harus memperoleh perlindungan dari resiko utama yang mengancam kehidupannya di masa kini dan akan datang.

Pelayanan Sosial

Pelayanan sosial terdiri dari 5 bentuk yaitu jaminan sosial pelayanan, kesehatan, pendidikan, perumahan dan pelayanan sosial personal.

Tunjangan Sosial

Kesejahteraan sosial  diberikan kepada orang yang kurang mampu. Penerima kesejahteraan adalah masyarakat pengangguran, cacat dan miskin. namun hal ini justru menimbulkan konotasi negatif pada istilah-istilah yang kurang baik seperti kemiskinan, kemalasan, ketergantungan dan lainnya.

Sebagai Usaha Terencana

Sebuah proses yang dilakukan oleh perorangan lembaga-lembaga sosial dan masyarakat atau badan-badan pemerintahan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas kehidupan lewat pemberian pelayanan sosial dan juga tunjangan sosial.

Pengertian negara menurut Kranenburg tentu tidak bisa terlepas dari 4 makna di atas. Negara Kesejahteraan punya kaitan yang erat dengan kebijakan sosial. Di mana banyak negara mencakup strategi dan upaya pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan warga terutama untuk melakukan perlindungan sosial.  Lalu mencakup jaminan sosial seperti bantuan sosial dan asuransi sosial atau jaringan pengaman sosial.

Tinggalkan komentar