Pendakian Puncak Mahameru Yang Menantang dan mempesona

0 134

Keindahaan alam yang masih alami  sehingga tidak salah bila tempat ini selalu ramai para pendaki yang berasal dari mancanegara dan lokal yang datang untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan sekaligus ingin menaklukan Gunung Mahameru yang sangat mempesona tersebut.

Untuk mencapai Puncak Gunung Mahameru anda bisa naik dari terminal Kota Malang, lalu naik angkutan umum menuju Desa Tumpang. Di Tumpang anda bisa menyewa Jip atau anda bisa naik truk sayuran dengan biaya sebesar Rp 20.000 per orang sampai pos Ranu Pani. Di pos Ranu Pani bahwa, setiap wisatawan yang ingin hendak mendaki ke puncak Mahameru diwajibkan untuk registrasi dahulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru.

Hal ini dimaksudkan untuk keamanan dan juga tindakan penyelamatan jika terjadi sesuatu terhadap pendaki pada waktu di perjalanan menuju Gunung Mahameru seperti dibawah ini salah satunya adalah, Fottokopi KTP 3 buah dan Surat keterangan Sehat dari Dokter. Selain mendapatkan surat izin, para pendaki juga juga harus membayar surat izin Rp. 6.000 maksimal 10 orang, Rp 2.000 per orang, untuk masuk taman dan Rp 2.000 untuk Ansuransi per orang.

Dan untuk mencapai puncak Mahameru harus melalui jalan setapak dan anda beristirahat dibeberapa pos yang disediakan oleh warga lokal dan relawan kurang lebih terdapat 4 pos tempat peristirahatan para pendaki yang hendak naik ataupun yang mau turun. Untuk para pendaki yang membawa tenda sendiri akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000,-/tenda, dan apabila anda membawa kamera akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-/buah. Selain itu, di Desa Ranu Pani bisa menyewa warga lokal yang bisa memandu menuju puncak Mahameru sekaligus mengangkat bawaan, juga memasak yang biasa di sebut Porter.

Sebelum melanjutkan perjalanan, di pos Ranu Pani akan disuguhkan sebuah danau yang sangat indah yakni Danau Ranu Pani dan Danau Regulo terletak pada ketinggian 2.200 mdpl dari permukaan laut. Setelah sampai di di gapuro ” Selamat Datang ” jalan terus kearah kiri menuju bukit didalam perjalan anda, disitu terdapat dua jalur alternatif yang biasa dilalui para pendaki juga warga lokal yang ingin berkebun. Tapi ada juga jalan pintas tapi kalau anda mau, jalannya sangat curam dan terjal yang biasa dilalui pendaki lokal dan hati-hati buat pemula. Setelah berjalan kurang lebih 5 km, anda akan disuguhakan pemandangan yang sangat indah dengan hamparan bunga Edelweis yang tumbuh subur disepanjang lereng bukit Mahameru.

Selain itu disitu juga bisa melihat pemandangan yang sangat indah kearah bukit-bukit dan lembah yang ditumbuhi hutan pinus dan cemara yang tumbuh subur. Untuk mencapai Danau Ranu Kumbolo yang terletak pada ketinggian 2.400 mdpl, anda harus menempuh jarak kurang lebih 4.5 Km dari pos Ranu Pani Disini danaunya sangat indah airnya yang bersih dan jernih dijadikan tempat transit pendaki yang ingin menuju ke puncak Semeru atau sebaliknya. Airnya yang bersih itulah yang dijadikan para pendaki sebagai air minum dan juga dijadikan titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda dipinggiran danau yang sangat mempesona tersebut.

Setelah anda meliwati jalan yang naik turun dan berbelok-belok, pada ketinggian 2.700 mdpl anda bisa beristirahat lagi dan mendirikan tenda di pos Kalimati. Kawasan Pos Kalimati berupa padang rumput luas ditepi hutan cemara, sehingga anda bisa membuat api unggun, pasalnya dilokasi tersebut tersedia ranting-ranting kering. Sebelah barat Pos Kalimati terdapat mata air Sumber Mani dengan menempuh waktu selama 1 jam pulang pergi. Terus anda bisa melanjutkan perjalan anda menuju Arcopodo yang berjarak 1 jam dari Kalimati meliwati hutan cemara yang sangat curam, dengan kondisi tanah yang mudah longsor. Arcopodo terletak pada ketinggian 2.900 mdpl, dan kawasan ini wilayah vegetasi terakhir di Puncak Mahameru, dan selebihnya anda akan meliwati bukit pasir.

Untuk sampai Puncak Semeru dibutuhkan waktu kurang lebih 3 – 4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Sebelum melakukan perjalanan menuju ke puncak, diharapkan semua barang bawaan sebaiknya ditinggal di pos Kalimati ataupun Arcopodo. Saat mau melakukan pendakian ke kawasan Gunung Semeru sebaiknya dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari Arcopodo. Pasalnya kalau dilakukan pendakian pada siang hari di kawasan Puncak Mahameru membawa gasa beracun dari kawah Jonggring Saloka. Saat mau melakukan pendakian di Kawasan Gunung Semeru sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, yaitu pada bulan Juli sampai bulan September.

Source http://www.wisataterindah.net http://www.wisataterindah.net/pendakian-puncak-mahameru/
Comments
Loading...