Pendakian Gunung Ungaran 2050 Mdpl Semarang Jateng

0 104

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran merupakan salah satu tempat wisata pendakian gunung yang terletak di Kabupaten Semarang, berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Semarang. Jadi secara posisi, gunung ini yang terdekat dari tempat saya menuntut ilmu saat ini, Universitas Diponegoro Semarang. Terdapat tiga jalur pendakian Gunung Ungaran, yaitu jalur Jimbaran, jalur Gedong Songo, dan jalur Medini.

Dari yang saya ketahui dari rekan-rekan yang pernah mendaki kesana, Gunung Ungaran cocok untuk pendaki pemula karena jalurnya yang tidak terlalu ekstrim. Ketinggiannya juga tidak terlalu tinggi, ‘hanya’ 2050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tetapi saya baru sekali mendaki Gunung Ungaran, itu pun tidak sampai puncaknya karena cuaca buruk. Maka dari itu bila ada ajakan mendaki kesana dengan senang hati saya ikut serta.

\

Jalur Pendakian Gunung Ungaran

Terdapat tiga jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa dipilih pendaki, yaitu Jalur Gedong Songo pos 1, Jalur Sidomukti (Jimbaran) dan Jalur di Boja di sebelah utara pos 2, Jalur Gedong Songo dan Jalur Sidomukti (Jimbaran) pos 3 -4. Masih berdekatan, sama-sama berada di satu jalur kawasan wisata Bandungan-Sumowono. Kali ini pendakian kami akan melalui Jalur Sidomukti atau dikenal juga dengan jalur base camp Mawar yang menjadi titik awal pendakian Gunung Ungaran.

Akses Menuju Gunung Ungaran

Dari kota Semarang kami menuju ke arah Bawen/Salatiga, kemudian setelah masuk ke jalur kawasan Bandungan/Candi Gedong Songo. Setelah melewati Pasar Jimbaran dan Umbul Sidomukti berarti kalian sudah tidak jauh dari Base Camp Mawar. Oh iya untuk keperluan logistik pendakian kita bisa membelinya di Pasar Jimbaran. Base Camp Mawar sendiri adalah sejenis bumi perkemahan, disini tersedia camping ground dengan fasilitas lengkap dan banyak terdapat warung penjual makanan.

Rombongan kami sendiri langsung menuju Base Camp Mawar dengan menggunakan 2 mobil carteran dari Stasiun Semarang Poncol (1 mobil dicarter Rp. 250.000). Tapi ada sedikit masalah, biasa ulah calo, si supir hanya mau mengantar sampai Pasar Jimbaran saja dengan alasan mobil tidak kuat. Alhasil kami mesti carter angkot lagi untuk sampai keatas, padahal 1 angkot kuat membawa kami semua plus semua carrier kami. Jadi, hati-hati ya yang ada rencana ke Ungaran dengan carter mobil.

Source Jalan Wisata semarang
Comments
Loading...