Pendakian Gunung Rajabasa, Wisata Penuh Petualangan di Lampung

0 69

Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa merupakan gunung berapi yang terdapat di Selat Sunda di Bagian Tenggara Sumatera, yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Lokasinya kurang lebih berjarak 5 km dari Kota Kalianda ke arah selatan dan tidak terlalu jauh dari pantai sehingga gunung ini dapat terlihat dari laut pada penyeberangan Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni.

  

Berada pada ketinggian sekitar 1.281 meter diatas permukaan laut, Gunung Rajabasa memiliki puncak kawah dengan luas mencapai 500 x 700 meter. Hutannya masih belantara dan lebat, sehingga tak heran jika para pendaki merasa tertantang untuk menaklukkan Gunung Rajabasa. Terlebih dari puncak gunung, para pendaki akan bisa menyaksikan kemegahan alam secara sempurna.

Desa terdekat menuju Gunung Rajabasa adalah Desa Sumur Kumbang. Butuh sekitar 2 jam dari Bandar Lampung atau Pelabuhan Bakauheni untuk menuju desa ini. Jarak antara Desa Sumur Kumbang dengan puncak Gunung Rajabasa hanya sekitar 6 km. Disarankan untuk mengajak guide lokal dari desa setempat karena lebih hapal medan dan jalan yang dilalui.

Jalur Pendakian Gunung Rajabasa

Pendakian menuju puncak Gunung Rajabasa rata-rata ditempuh selama tujuh jam perjalanan dengan melewati lima pos. Di awal pendakian, akan melewati perkebunan kopi dan coklat milik penduduk sekitar. Sampai sekitar 2 jam ditempuh hingga sampailah di Pos 1. Lokasi di Pos 1 tidak begitu luas dan hanya cukup untuk mendirikan beberapa tenda saja. Terdapat sumber mata air bersih disini, dan merupakan sumber mata air terakhir yang akan ditemui selama pendakian. Disarankan membawa bekal air yang cukup dari sini sebelum melanjutkan pendakian. Pendakian selanjutnya menuju Pos 2. Dalam perjalanan menuju Pos 2 akan melewati perkebunan kopi dan cengkeh milik warga.

Sampai di pertengahan jalan maka akan tiba di Gerbang Rimba yang merupakan batas ladang milik penduduk dengan hutan rimba. Di Pos 2 ini akan terlihat pemandangan garis pantai dengan jelas. Dari Pos 2 dilanjutkan pendakian menuju Pos 3 dan Pos 4. Kedua pos ini ditandai dengan lahan yang luas dengan beberapa pohon besar yang tumbuh di sekelilingnya. Jalan yang dilalui akan semakin naik dan menanjak dengan vegetasi yang lebat dan rimbun. Dari Pos 4 menuju Pos 5, medan yang dilalui sedikit terbuka. Tidak terlalu lebat dan sudah dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang indah. Di area ini akan menemukan sebuah kawah yang cukup besar dan membentuk sebuah cekungan.

Kawah ini tidak mengeluarkan asap serta ditumbuhi pepohonan dengan ukuran yang sama.  Menurut cerita terdapat sebuah batu yang bernama Batu Pancukupan/Batu Cukup di daerah kawah ini. Konon ceritanya batu ini mampu menampung berapapun jumlah orang yang menaikinya sehingga disebut Batu Cukup. Di daerah Batu Cukup inilah dipercaya sebagai pusat mistis Gunung Rajabasa. Pos 5 terletak hanya beberapa meter dari puncak gunung. Dan di Pos 5 inilah biasanya para pendaki mendirikan tenda untuk menginap. Berjalan menuju puncak hanya diperlukan waktu beberapa menit saja. Pemandangan indah di puncak Gunung Rajabasa ini adalah menyaksikan panorama laut dan hijaunya hutan rimba yang terhampar luas di hadapan.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/gunung-rajabasa.html
Comments
Loading...