Pemandian Tapian Puti Indahnya Keunikan Wisata Sumatera Barat

0 117

Pemandian Tapian Puti

Pemandian Tapian Puti yang berada di Kawasan Lubuk Alung. Letak Pemandian Tapian Puti tepatnya di Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Objek Wisata Pemandian Tapian Puti ini, merupakan tempat pemandian yang ada karena proses Alam, uniknya pemandian ini, terdiri dari 7 tingkat.

Untuk mencapai tingkat tertinggi di Pemandian Alam Tapian Puti ini diperlukan tenaga ekstra. Tempat pemandian ini juga cocok untuk para pecinta alam. Selain Betingkat-tingkat, di pemandian ini juga terdapat kolam-kolam kecil, yang terbuat secara alami dan membentuk air terjun kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih. Setiap kolam-kolam kecil ini dialiri air yang berasal dari bukit.

Terlepas dari keindahan dan keunikan yang dimilikinya, ternyata tempat ini memiliki cerita legenda tersendiri yang menceritakan kisah Malin Deman dan Putri Bungsu. Konon katanya tempat ini dulu merupakan tempat pemandian yang biasa digunakan oleh 7 putri khayangan. Masyarakat setempat percaya bahwa ke tujuh putri tersebut mandi di masing-masing tujuh tingkatan kolam tersebut.

Itulah sebabnya kenapa tempat ini dinamakan Tapian Puti yang artinya pemandian para putri. Di Pemandian Tapian Puti ini Anda bisa melakukan banyak hal yang akan membuat liburan Anda menjadi seru dan menyenangkan. Anda bisa mandi dan berendam sepuasnya di dalam kolam-kolam yang memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda.

Tidak ketinggalan juga bagi Anda pencinta selfie atau fotografi, di sini terdapat spot yang sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang foto Anda. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari libur atau akhir pekan. Selain dijadikan sebagai tujuan wisata, Tapian Puti juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk melakukan tradisi Balimau setiap tahunnya.

Balimau merupakan sebuah tradisi mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tradisi ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau setiap tahunnya atau satu hari menjelang Ramadhan. Menuju lokasi Pemandian Tapian Puti dapat anda lalui dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Anda dapat melakukan perjalanan Menuju Daerah Lubuk Alung, tepatnya bisa di akses melalui desa Sikabu, yang berjarak sekitar 40 Km dari Kota Padang. Setelah sampai di korong Sikabu, anda akan melewati jalan aspal sekitar 1,6 km, sampai di lahan kosong diatas Bukit, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga ke Objek Wisata Pemandian Tapian Puti.

Selama perjalanan Anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang masih terjaga keasriannya. Rimbunnya pepohonan, udara yang sejuk, serta kicauan burung yang bermain di antara ranting pepohonan akan menghiasi setiap langkah kaki menuju pemandian.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/pemandian-tapian-puti-indahnya-keunikan-wisata-sumatera-barat.html
Comments
Loading...