Pemandian Sumber Polaman, Kalirejo Malang

0 7

Pemandian Sumber Polaman

Sumber Polaman, salah satu pemandian yang diperkirakan peninggalan di masa kerajaan dulu ada di Lawang. Pemandian yang terletak di Jl Indrokilo, Polaman, Kalirejo Lawang ini terletak di sebuah bukit. Selain digunakan untuk mandi dan mensucikan diri bagi penganut aliran Kejawen, daerah di sekitar sumber juga dijadikan tempat untuk outbond dan berkemah.

Tidak seperti biasanya yang kesulitan air di perbukitan, warga Kalirejo bisa menikmati sumber air yang melimpah yang berasal dari lereng Arjuno. Bahkan saat musim kemarau, air di Sumber Polaman tetap mengalir dengan deras. Di daerah tersebut masih merupakan kawasan yang asri, sehingga serig ditemui hewan-hewan liar semacam monyet. Sementara di dalam sumber banyak sekali ikan. Tiga di antaranya memiliki ukuran cukup besar dan menjadi obyek foto bagi pengunjung. Selain itu pengunjung bebas memberikan makan kepada ikan-ikan di Polaman.

Tak jauh dari letak kolam ikan, juga terdapat pohon besar yang dikelilingi oleh arca-arca. Namun arca tersebut bukan berasal dari zaman kerajaan, melainkan buatan baru untuk melengkapi kesan magis area tersebut. Menurut juru kunci setempat, arca asli banyak yang sudah hilang ataupun dipindahkan ke museum. Di Polaman terdapat sebuah cerita, bahwasanya di lokasi itu menjadi tempat pengasingan Raja Kediri Jayakatwang. Dalam kitab Pararaton dan kidung Harsyawijaya menceritakan kekalahan sang Raja tersebut oleh Raden Wijaya yang notebanenya masih memiliki hubungan kekerabatan.

Sebelumnya, Jayakatwang juga dikenal sebagai penakhluk Kerajaan Singosari, kemudian dirinya mendapatkan serangan balasan dari Raden Wijaya dengan bantuan tentara China. Tak jauh dari letak pemandian Polaman, terdapat sebuah goa yang berada di pinggiran sungai. Goa itu diyakini menjadi tempat semedi Jayakatwang dalam menjalani pengasingan hingga masa tuanya. Sehingga diperkirakan Jayakatwang pernah bersemedi di area tersebut, karena letaknya tak jauh dari Polaman.

Dalam pengasingannya Jayakatwang sempat membuat karya sastra yang berjudul ‘Wukir Polaman.’ Karya tersebut menceritakan semasa hidupnya saat diasingkan oleh Raden Wijaya. Konon, Sumber Polaman juga menjadi rute Raja Hayam Wuruk yang dikenal suka melakukan jalan-jalan ke seluruh negeri Majapahit. Menuju ke area tersebut tidak terlalu sulit, pengunjung bisa mencapainya dari arah Jalan Malang-Surabaya, kemudian setelah Pasar Lawang berjalan ke arah barat dan masuk ke Jl. Indrokilo. Lokasi dari Sumber Polaman sendiri berada di tepi jalan, untuk masuk tidak dikenakan biaya alias gratis.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/04/03/jejak-raja-jayakatwang-di-sumber-polaman/
Comments
Loading...