Pemandian Cibulan Wisata di Kuningan Jawa Barat

0 219

Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan merupakan slah satu wisata pemandian yang berada di Kuningan, Pemandian Cibulan ini berada di Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554. Objek wisata berupa pemandian ini menyediakan ikan-ikan yang dikeramatkan seperti ikan dewa untuk menjadi teman kita saat berenang. Tentunya akan semakin seru dan asyik.

Keindahan Pemandian Cibulan

Pemandian ini menyediakan 2 kolam utama berbentuk persegi panjang. Kolam pertama memiliki kedalaman sekitar 2 meter sedangkan kolam kedua hanya berkedalaman sekitar 60 cm hingga 120 cm. Untuk menjaga kebersihan, kolam ini dikuras sekali dalam dua minggu atau bisa juga lebih. Tergantung dari kebersihan air. Air kolam ini diambil langsung dari mata air sehingga airnya sangat segar dan dingin serta bebas kaporit. Kedua kolam inilah yang diisi dengan puluhan ikan dewa yang dianggap keramat oleh masyarakat.

Fasilitas Pemandian Cibulan

Meski semua kolam dihuni oleh puluhan ikan dewa, tetapi pemandian Cibulan ini dibuka sebagai kolam pemandian umum. Tempat wisata pemandian umum ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas khas pemandian. Seperti tempat ganti pakaian, toilet dan kamar mandi sebagai tempat bilas seusai berenang. Tak ketinggalan terdapat juga area parkir kendaraan yang terjaga keamanannya. Serta terdapat musola bagi yang ingin menunaikan ibadah solat. Harga tiket masuk ke pemandian ini sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Pemandian Cibulan buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Akses Menuju Pemandian Cibulan

Dari pusat kota Kuningan menuju Cibulan jaraknya sekitar 7 kilometer. Sedangkan jika dari pusat kota Bandung ke Cibulan jaraknya 165 kilometer. Untuk menuju pemandian kolam ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum bisa ditempuh dengan dua jalur yaitu Kuningan dan Cirebon. Hal ini karena pemandian kolam ini memang berada di jalan Kuningan dan Cirebon. Jalur pertama adalah berangkat dari Terminal Kuningan menggunakan angkutan kota jurusan Terminal Cirendang – Cimulus.

Lalu berhenti di jalan menuju lokasi Cibulan. Jalur kedua lebih mudah yaitu melalui Cirebon dengan angkutan umum langsung menuju Cibulan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dapat mengikuti rute angkutan umum. Kondisi jalan menuju pemandian kolam ini sudah sangat baik karena memang lokasinya di daerah perkotaan sehingga tidak akan menyulitkan.

Source Jalan Wisata vebma.com
Comments
Loading...