Pemandian Alam Ompo, Soppeng

0 69

Pemandian Alam Ompo

Permandian Alam Ompo ini terletak di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata sekitar 3 Km sebelah utara Kota Watansoppeng, dikenal dengan airnya yang sangat jernih, dingin dan menjadi sumber air bersih masyarakat kota yang dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng melalui Perusahaan Air Minum (PAM).

Pemandian Alam Ompo memiliki tiga kolam, yaitu kolam renang untuk orang dewasa, kolam renang untuk anak-anak, dan kolam sumber mata air. Kolam sumber mata air yang berada di dalam lokasi obyek wisata ini tidak digunakan untuk mandi sehingga diberi pagar beton agar pengunjung tidak masuk di dalamnya.

 

Sebagian masyarakat Soppeng menganggap kolam mata air tersebut memiliki nilai mistis. Pada hari-hari tertentu atau setiap selesai melaksanakan hajat keluarga, seperti pesta pernikahan atau aqiqah, mereka sengaja datang ke pemandian ini untuk mandi sekaligus membawa sesaji berupa telur ayam kampung, pisang, sokko pitunrupa (nasi ketan tujuh warna) untuk dipersembahkan ke kolam sumber mata air tersebut.

Kegiatan yang dapat dilakukan selain berenang yaitu pengunjung dapat bermain perahu dan memancing ikan di danau buatan bersama keluarga. Danau buatan tersebut berada persis di sebelah utara lokasi pemandian. Di sekitar danau juga terdapat area perkemahan yang cukup luas dan sering digunakan oleh sebagian pengunjung untuk bersantai bersama keluarga karena terdapat pohon yang rindang disekitar danau. Selain itu, terdapat pula arena lomba motocross yang sering digunakan sebagai ajang lomba motocross (road race) tingkat daerah.

Akses:

Pemandian Alam Ompo terletak sekitar 175 Km dari Kota Makassar atau sekitar 3 Km di sebelah utara Kota Soppeng, Ibukota Kabupaten Soppeng. Jika berangkat dari Kota Makassar, dapat menggunakan kendaraan umum berupa mobil angkutan umum antar kabupaten dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Jika berangkat dari terminal angkutan Kota Soppeng yang terletak di depan Majisd Raya Watan Soppeng, dapat menggunakan pete-pete (angkot) dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Kondisi jalan menuju ke lokasi sangat baik dan beraspal sehingga mudah dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk (HTM):

  • Dewasa              Rp 5.000,-
  • Anak-anak        Rp 3.000,-

Fasilitas Pendukung:

Source https://disbudpar.soppengkab.go.id https://disbudpar.soppengkab.go.id/pemandian-alam-ompo/
Comments
Loading...