Pemandian Air Panas Wawolesea, Sulawesi Tenggara

0 118

Pemandian Air Panas Wawolesea

Sulawesi Tenggara memiliki anugerah keindahan alam luar biasa untuk menjadi modal mengembangkan dunia pariwisata. Sebut saja wisata alam Taman Nasional Wakatobi yang mendunia dengan sugra bawah lautnya. Selain Wakatobi, ada banyak tempat wisata menakjubkan di Sulawesi Tenggara Keindahan pantainya dan pulau-pulaunya tak diragukan lagi.

Selain itu, wisata alam pegunungan banyak dan masih sangat alami. Salah satu wisata alam pegunungan terbaik di Sulawesi Tenggara yaitu Pamandian Air Panas Wawolesea. Wawolosea terletak di antara pegunungan kapur, ratusan mata air panas dengan gelembung didihnya tak henti-hentinya mengeluarkan air panas dari perut bumi.

Perbedaannya dengan wisata air panas lain yang biasa saya kunjungi di pulau jawa, air panasnya disini rasanya asin, sensasi yang berbeda ini pula pasti belum pernah/jarang kalian temui ditempat lain, kalau saya menilai rasa asinnya timbul dari kandungan kapur yang memang begitu banyak ditempat ini. Jika kalian pernah melihat persawahan terasering  begitulah yang terjadi disini,

Dari sumur air panas airnya mengalir ke kolam-kolam yang terbentuk alami dan membentuk sengkedan bentuknya yang bertangga-tangga itu pulalah yang menjadi daya tarik tempat ini, karena jika dibandingkan dengan tempat serupa di pulau jawa seperti Cangar di Malang atau Guci di Tegal, kolam-kolam air panas disini dibentukoleh lapisan semen dan tidak alamiah seperti yang terjadi di Wawolosea ini.

Pengunjung pun tak usah khwatir dengan keruhnya air, karena dari sumur air panas dari perut bumi secara terus menerus mengalir sehingga sirkulasi air tetap terjaga.atau Jika belum puas hanya dengan mandi air panasnya, maka Anda dapat naik ke  bukit di area tersebut dan menyaksikan eksotisme pemandangan laut yang berada di sebelah timur kolam air panas ini. Jika dilihat dari tempat ini maka anda akan melihat kolam air panas Wawolosea dengan gradasi air yang membiru dan menyatu dengan putihnya kapur.

Satu hal yang menarik lagi adalah dengan tempat yang dikelilingin vegetasi pinus jika kita beruntung kata penduduk setempat maka akan banyak melihat monyet, burung dan rusa yang datang menyapa anda. Banyak pengunjung datang berobat di tempat ini, karena kandungan belerangnya efektif untuk mengobati penyakit kulit.

Wisatawan dapat berendam air panas menurut kadar air panas yang tersebar di beberapa kolam. Anda tinggal memilih sekuat apa daya tahan tubuh Anda terhadap air panas Wawolesea. Kolamnya terkenal sangat jernih karena terus menerus mengalir ke kolam paling bawah. Jika Anda ingin menghabiskan waktu libur dengan pengalaman indah, Pemandian Air Panas Wawolesea pilihan tepat bagi Anda.

Pemandian Air Panas Wawolesea terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Kendari. Semantara dari ibu kota kabupaten Konawe Utara atau Kecamatan Wanggudu berjarak kurang lebih 20 kilometer.

Anda bisa sampai ke kawasan wisata air panas Wawolesea dengan mudah karena banyak angkutan umum dari Kota Kendari ke arah Konawe Utara. Perjalanan bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Lama perjalanan Anda pasti akan terbayar dengan keindahan kawasan wisata tersebut.

Source https://wisatasulawesitenggara.wordpress.com https://wisatasulawesitenggara.wordpress.com/2017/12/07/wisata-pemandia-air-panas-wawolesea/
Comments
Loading...