Pemandian Air Panas Pawan Rohul Yang Menawan

0 18

Pemandian Air Panas Pawan

Pemandian Air Panas Pawan terletak di Desa Pawan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Sebuah lokasi wisata yang eksotik dengan suasana alam yang sangat terasa. Bisa dibilang lokasi ini menjadi wisata unggulan yang akan selalu dikunjungi para turis yang datang ke Rokan Hulu.

Pertama kali memasuki kawasan wisata air panas Pawan, Anda akan disuguhi suasana kesejukan yang muncul dari hutan dan pohon-pohon tinggi di sekeliling area wisata. Lalu Anda akan melihat kolam-kolam yang terbentang dengan berbagai ukuran berisi air panas dengan suhu yang bervariasi. Setiap kolam dihiasi dengan aneka batuan dan bunga-bunga, lebih mirip dengan taman. Lalu di bagian tepi kolam terdapat tempat berteduh lengkap dengan tempat duduk yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat.Objek wisata air panas Pawan memiliki dua sumber mata air panas yang berasal dari post vulkanik. Kolam pertama berada di sebelah kiri, memiliki suhu 600 oC dengan debit air sekitar 7.200 mm per detik. Sementara sumber mata air yang kedua berada di sebelah kanan, memiliki suhu kisaran 480 oC sampai 580 oC dengan debit air sekitar 1.800 oC mm per detik. Air dari sumber tersebut dialirkan ke kolam-kolam kecil yang memiliki air bening dan bersih. Diperkirakan suhu air yang dialirkan berada pada kisaran 200-250 oC. Selanjutnya setelah jatuh ke kolam yang dingin, barulah bisa dirasakan hangat oleh kulit manusia.

Lokasi wisata air panas ini ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin melakukan terapi. Merendam kaki dengan air hangat menimbulkan rasa rileks setelah letih beraktivitas seharian. Ada juga yang meyakini air ini bisa dijadikan sebagai penyembuh dari berbagai penyakit kulit. Pada saat liburan, tak heran jika tempat wisata ini menjadi lokasi favorit dikunjungi warga. Di sepanjang area lokasi juga bisa dijadikan sebagai tempat camping karena areanya yang cukup luas. Fasilitas seperti mushalla, toilet dan sebagai juga tersedia di tempat ini. Cukup nyaman dijadikan sebagai pilihan tempat berlibur di akhir pekan.

Bila Anda tak mau repot saat ingin berkunjung ke tempat ini, tak masalah karena di sini tersedia warung-warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman. Selain itu juga ada yang menjual cindera mata khas daerah setempat. Namun jika Anda ingin liburan secara spesial, tak salah juga jika Anda membawa makanan dari rumah dan menyantapnya bersama keluarga di lokasi wisata. Rasanya akan terasa lebih spesial tentunya.

Akses Menuju Pemandian Air Panas Pawan

Jika Anda memulai perjalanan dari Pekanbaru, maka Anda bisa menuju ke pusat kota Pasir Pangarayan lebih dulu. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti travel. Perjalanan memakan waktu 5 hingga 6 jam, tergantung kecepatan berkendara. Dari pusat kota ke lokasi wisata sekitar 9km. Bila Anda dari arah Islamic Center, maka Anda bisa berjalan menuju arah pasar. Saat bertemu dengan simpang empat lampu merah, belok kiri. Di situ Anda bisa menemukan papan informasi lokasi dari pemandian air panas Pawan tersebut. Ikuti saja arah jalan aspal yang sedikit mendaki dan menurun.

Hasil gambar untuk Pemandian Air Panas Pawan Rohul

Pada jarak 8 km kita akan menemukan persimpangan jalan, di sana terpajang spanduk besar yang menunjukkan lokasi wisata. Ikuti saja maka kita akan sampai ke tempat wisata air panas Pawan. Jika ingin lebih mudah, maka bisa mengaktifkan google map Anda menuju ke lokasi yang diinginkan.

Hasil gambar untuk Pemandian Air Panas Pawan Rohul

Objek wisata air panas Pawan terbilang murah. Anda cukup membayar uang 5 ribu rupiah untuk bisa masuk ke tempat wisata ini. Tersedia lokasi parkir yang memadai. Di hari libur biasanya lokasi ini cukup ramai. Rombongan ibu-ibu majlis taklim juga banyak yang berasal dari luar daerah berkunjung ke pemandian air panas Pawan tersebut.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/05/pemandian-air-panas-pawan-rohul-yang.html
Comments
Loading...