Pemandian Air Panas Keuneukai Sabang

0 185

Pemandian Air Panas Keuneukai 

Pemandian Air Panas Keuneukai  merupakan sebuah lokasi wisata yang menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal maupun wisatawan luar yang berkunjung di kota Sabang. Sabang memang menjadi tujuan wisata yang sangat menarik, karena memiliki beragam jenis objek wisata alam maupun buatan manusia. Keindahannya tak sebatas pantai yang sangat umum anda temukan, di sisi lain kota Sabang ini, anda bisa merasakan relaksasi tubuh dengan berendam di Pemandian Air Panas Keuneukai ini.

 

Akses Menuju Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai berada di bagian selatan Pulau Weh, tepatnya berada di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Untuk menuju lokasi pemandian ini sebenarnya tak terlalu sulit, apalagi kemudahan rute angkutan umum yang ada di Kota Sabang.  Untuk angkutan umum sendiri, tersedia beberapa jenis angkutan yang bisa anda gunakkan sesuai kenyamanan anda. Anda bisa menggunakkan bentor yaitu becak motor. Anda bisa menemukkan kendaraan ini di beberapa persimpangan jalan, maupun di sekitar daerah pasar. Begitupun jika anda ingin menggunakkan ojek.

Kendaraan umum lainnya yang sering digunakkan adalah taksi. Tetapi jangan heran, taksi disini memang anda yang menentukan tujuannya, tetapi, taksi ini tetap akan mengangkut penumpang lainnya. Jadi, bukan khusus untuk anda saja yang menjadi penumpangnya. Kendaraan yang menjadi taksi ini biasanya berupa mobil L-300, kijang lgx ataupun mobil yang berupa sedan.  Ketiga angkutan tersebut memiliki tarif yang beragam, tergantung seberapa jauh anda menggunakkan angkutan tersebut. Seperti taksi sendiri bergantung jarak tujuan anda, misalnya anda dari Pelabuhan Balohan yang menjadi pelabuhan utama di Kota Sabang, anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000*) per orangnya, karena memang jarak yang cukup jauh jika dihitung dari Pelabuhan Balohan.

Untuk anda yang lebih mementingkan kenyamanan wisata, anda bisa menyewa kendaraan yang ada di Kota Sabang. Anda juga bisa langsung mendapatkan sopir yang akan memandu wisata anda jika anda menyewa kendaraan berupa mobil.  Harga yang di pasang biasanya sekitar Rp 300.000 – Rp 450.000*) untuk delapan jam penyewaan. Tetapi untuk anda yang ingin lebih santai dan menikmati perjalanan, anda bisa menyewa kendaraan berupa sepeda motor, harganya pun lebih murah yakni sekitar Rp 40.000 – Rp 100.000*) per harinya. Hanya saja anda harus berani menjelajah tanpa guide dari penyewaan tersebut.

Keindahan Pemandian Air Panas Keuneukai 

Keindahan Kota Sabang memang tak ada habisnya, selain pantai, danau, air terjun dan objek wisata lainnya, kota ini juga memiliki gunung api. Nah, dari gunung yang berada di tengah-tengah Pulau Weh inilah sumber air panas yang ada di Pemandian Air Panas Keuneukai ini berasal. Tentunya anda akan merasakan sensasi kesegaran dan relaksasi dari air yang ada di kolam pemandian ini.

Walaupun sumber airnya berasal dari alam, tetapi kolam pemandian ini sudah tersentuh oleh pembangunan. Kolam air ini sudah di pugar sehingga sudah berbentuk seperti kolam pemandian pada umumnya. Ada tiga buah kolam pemandian yang ada di lokasi Pemandian Air Panas Keuneukai ini. Luas dari kolam-kolam yang ada di sini sekitar 3×2 meter, sehingga cukup luas untuk menampung para wisatawan, belum lagi ada tiga buah kolam yang tersedia.

Jika anda berpikir kolam ini akan terasa biasa saja, anda kurang tepat. Walaupun kolam yang anda lihat sudah mengalami pembangunan dan pemugaran bukan berarti anda tidak bisa menemukan kesan alami dan pemandangan yang menyegarkan mata.  Dari kolam pemandian air panas ini, anda bisa melihat hamparan birunya lautan serta hijaunya pepohonan yang memberikan kesan asri bagi anda yang sedang menikmati air hangat di pemandian ini.

Source http://visitacehdarussalam.blogspot.com http://visitacehdarussalam.blogspot.com/2012/11/pemandian-air-panas-keuneukai-sabang.html
Comments
Loading...