Pemandian Air Panas Bora : Destinasi Wisata Alam di Kab. Sigi

0 90

Pemandian Air Panas Bora

Pemandian Air Panas Bora ini berlokasi di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten SIgi, Palu atau sekitar 20 km dari pusat Kota Palu, objek wisata ini mudah dijangkau dengan akses jalan yang sudah baik.Nah, untuk menuju lokasi Air Panas Bora, Anda bisa menggunakan kendaran pribadi karena medannya yang tergolong tidak terlalu berat.

Sepanjang menuju Air Panas Bora ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah khas pegunungan yang membuat kita rileks seketika. Ketika sampai di Air Panas Bora, pemandangan alamnya pun tak kalah menariknya. Malah di Air Panas Bora ini keindahan pemandangan alamnya meningkat dua kali lipat. Tak heran apabila beberapa pengunjung yang sampai langsung ingin berfoto-foto dengan background pemandangan pengunungan yang ada di sekitar air panas ini.

Fadlin yang merupakan penjaga objek wisata ini menuturkan bahwa air panas ini dulunya berukuran kecil dan belum mendapatkan pengelolaan secara serius yang kemudian warga desa memiliki inisiatif untuk menjadikan pemandian air panas tersebut sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Sigi. Seiring berjalannya waktu, pemerintah pun menggali sumber air panas tersebut bersama warga desa setempat menjadi ukuran yang lebih besar.

Sejak saat itu, berbagai fasilitas dibangun di lokasi objek wisata dengan luas sekitar 7 hektar tersebut. Cottage, aula yang dilengkapi AC dan sound system, hingga sauna, merupakan berbagai fasilitas yang melengkapi objek wisata Pemandian Air Panas Bora. Meski memiliki banyak fasilitas, namun hanya ada satu sumber air panas yang mengaliri berbagai fasilitas tersebut.

Selain mendatangkan kesenangan, mandi air panas juga mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah mampu mengobati berbagai penyakit dalam, seperti asam urat, stroke, dan kolesterol. Wajar jika di akhir pekan, objek wisata Pemandian Air Panas Bora kerap diramaikan oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Di tempat wisata yang terletak di lereng bukit itu, pengelola menyediakan tempat mandi yang telah dipisahkan untuk pria dan wanita. Pada umumnya pengunjung yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Sigi itu membawa perlengkapan mandi sendiri karena pengelola tempat wisata tidak menyediakannya. tiket pengunjung terbagi menjadi dua, yakni untuk pengunjung biasa seharga Rp2.500, dan pengunjung yang berniat untuk mandi air panas sebesar Rp6.500.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-tengah/air-panas-bora-yang-mempunyai-banyak-khasiat-di-sulawesi-tengah.html
Comments
Loading...