Pemandian Air Panas Aek Nabara

0 17

Pemandian Air Panas Aek Nabara

Wisata Pemanian Air Panas Aek Nabara merupakan salah satu destinasi wisata pemandian yang berada di Desa Aek Nabara Kec.Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) wahana primadona wisatawan domestic. Baik muda maupun tua, bahkan warga membawa keluarga mereka berduyun- duyun ke pemandian itu. Dan puncaknya pada perayakan liburan Tahun Baru 2015.

 

Sebenaynya membangun wahana itu sudah mudah. Dan kalau ditata apik, wahana ini lumbung uang. Jalan ke sana mulus. Segarnya udara pegunungan juga membuat wisatawan happy. Kita pilih tempat ini udara segar, pemandian air panasnya pun segar. Juga dimanjakan  indahnya pemandangan di sini, ungkap Pii Rambe saat disambangi citraindonesia.com, Jumat di lokasi wisata itu. Namun sayang lanjut Pii, Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu, rupanya belum begitu tertarik untuk mengembangkan wisata pemandian air panas ini.

Di mana, kondisinya tidak tertata apik seperti wahana yang sama di Kabupaten Tarutung (Taput). Biartahu saja, wahana mandia air panas di Tarutung itu terbutki mensejahterakan warga setempat. Menyerap banyak tenaga kerja, juga menambah pundi – pundi Pendapatan Asli daerah (PAD). Para pengunjung pemandian di Taput yang tepat di jalur lintas sumatera itu selain warga lokal, luar daerah hingga turis assing yang kebetulan melintas di lokasi itu, seraya beristirahat. Maka itu jadi terkenal hingga mancanegara.

Pii Rambe, yang hanya seorang pedagang keliling pun sudah mengakuinya bahwa merasa terbantu ekonominya meski hanya seabgai pedagang asongan dilokasi itu. Kalau libur Sabtu dan Minggu penjualan lumayan. Tapi tahun baru atau Lebaran pasti lebih ramai- untung besar. Dagangan saya laris manis- habis. Apalagi orang bule datang ke sini. Makin hebring, Pii sumringah. “Lagian kan pak Bupati kita ini orang asli daerah sini, sepantasnya dia bangun dong. Klo rakyat sejahtera, kan nama beliau juga harum.

Maka sebaiknya selagi berdinas ia buat kejutan disini agar itu nanti legacy baginya untuk diteruskan penggantinya,” ujar warga lainnya menimpali Pii. Bahkan Sinaga, pemilik warung di lokasi wisata mengaku 3 hari menjelang tahun baru sudah dipadati wisatawan lokal. Pengunjung tahun ini naik hingga 80% dari tahun lalu. Tahun ini wisatawan ke tempat kita ini naik 80% dari tahun lalu, meski lokasi wisata kita ini hanya apa adanya tutur Sinaga. Senada dengan Pii, Sinaga pun berharap Bupati Syahrul M. Pasaribu, segera membangun objek wisata air panas Aek Nabara dalam rangka mengatasi kemiskinan masyarakat dan meningkatkan PAD.

Source https://citraindonesia.com https://citraindonesia.com/bupati-tapsel-didesak-bangun-wisata-mandi-air-panas-aek-nabara/
Comments
Loading...