Pelabuhan Paotere : Salah Satu Pelabuhan Tertua di Indonesia

0 98

Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere adalah salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, yang merupakan warisan dari Kerajaan Gowa-Tallo, pada abad ke-14. Pelabuhan Paotere terletak di Kec. Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. berjarak 5 km dari pusat Kota Makassar.

Pelabuhan ini merupakan tempat persinggahan berbagai kapal layar masyarakat Sulawesi yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat, seperti Phinisi dan Lambo, pelabuhan ini juga masih dipakai untuk bongkar muat barang dan pusat niaga para nelayan.

Saat ini, Pelabuhan Paotere telah dijadikan sebagai kawasan pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain disuguhi deretan kapal rakyat khas Makassar, yaitu Kapal Phinisi. Para wisatawan yang berkunjung, dapat juga melihat pemandangan panorama sunset yang indah dan terbenam di antara perahu – perahu.

Para wisatawan pun dapat menikmati suguhan ikan segar dari tangkapan para nelayan. Berbagai jenis olahan ikan, disajikan di restoran – restoran seafood yang berada disekitar Pelabuhan Paotere.

Jenis jenis ikan yang disajikan disini antara lain ikan kerapu, ikan cepak, dan ikan baronang yang menjadi menu andalan, selain itu juga tersedia makanan seafood lainnya seperti kepiting udang dan cumi cumi. Selain ikan segar terdapat juga ikan yang telah di awetkan yang dapat dijadikan oleh oleh dari Makassar, seperti ikan teri, ikan kakap merah dan ikan asin. Ikan – ikan olahan ini dapat kita jumpai disepanjang jalan Pelabuhan Paotere.

Source https://www.arsy.co.id https://www.arsy.co.id/2016/03/pelabuhan-paotere-salah-satu-pelabuhan.html
Comments
Loading...