Patung Wajah Kerahiman Yesus : Wisata Religius di Gereja Ganjuran Bantul

0 57

Patung Wajah Kerahiman Yesus

Kabupaten Bantul sebagai wilayah bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai potensi luar biasa dalam bidang pariwisata. Destinasi atau daerah tujuan wisata Kabupaten Bantul memiliki keanekaragaman dari wisata konvensional berupa hamparan pantai, pegunungan, hutan, dan bentuk desa-desa wisata yang eksostis, maupun khusus wisata untuk tujuan religi.

Bagi umat Katolik, berwisata relegi di Gereja Ganjuran Bantul, tentu sudah tidak asing lagi berupa gereja yang berarsitektur unik khas bangunan Jawa dan berartar doa bentuk candi itu. Kini di Bantul tumbuh satu obyek wisata religi baru untuk umat Katolik, yaitu gereja dengan hiasan berupa patung besar “Wajah Kerahiman Yesus” dengan ketinggian lebih kurang 5 meter. Patung itu terletak di Halaman Gereja St. Yakobus Alfeus Pajangan, tepatnya di Jalan Pajangan – Sedayu, Dusun Kamijoro RT 05, Sendangsari, Pajangan Bantul.

“Patung Wajah Kerahiman Yesus merupakan tambahan fasilitas dari gereja sebagai tempat doa bagi umat Katolik dan dalam rangka menandai penetapan Tahun 2015 – 2016 sebagai Tahun Kerahiman oleh Sri Paus Fransiskus. Patung tersebut sebenarnya adalah bentuk master patung sumbangan dari seniman pematung Bantul yaitu Bapak Hardo Wardoyo Suwarto, sedangkan patung aslinya telah dikirim ke luar negeri di negara pemesannya,” jelas Ketua Lingkungan Gomarus Heru Sutrisno, S.IP kepada HarianBernas.com.

Sementara Patung Wajah Kerahiman Yesus diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2016 oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan diberkati oleh Pastor Paroki St. Yakobus Bantul Romo FX. Suhanto, Pr. Selain bentuknya yang cukup fenomenal, keberadaannya di tepian sungai Progo menambah teduhnya suasana. Tempat ini apabila dikelola dengan baik oleh masyarakat akan menjadi potensi wisata religi baru di Kabupaten Bantul yang tentunya akan menambah manfaat ekonomis untuk masyarakat di wilayah sekitar.

Source https://www.bernas.id https://www.bernas.id/27494-wajah-kerahiman-wisata-religi-baru-di-bantul.html
Comments
Loading...