Patung Dewa Murugan Kemegahan yang Ada di Sumatera Utara

0 261

Indonesia yang mengakui keberadaan beragam agama merupakan surga tersendiri bagi masyarakatnya untuk bebas menganut kepercayaan sesuai dengan keyakinan. Beberapa daerah bahkan dikenal memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi, salah satunya di Langkat, Sumatra Utara. Tak hanya di negara tetangga Malaysia, Patung Dewa Murugan juga ada di Indonesia, tepatnya di pelataran Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil yang terletak di Jalan Ibadah, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kini Indonesia juga memiliki Patung Dewa Murugan dengan tinggi 55 kaki atau sekitar 17 Meter. Patung ini disebut-sebut tertinggi nomor dua setelah Patung Dewa Murugan yang terkenal di Batu Caves, Malaysia. Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil ini berbeda dengan kuil lainnya karena memiliki patung Murugan yang dibangun oleh pemahat dari India dan begitu pula arsitekturnya juga orang India dan material yang didatangkan dari luar negeri. Disini Anda bisa menikmati kemegahan dan keindahan Patung Dewa Murugan.

Dewa Murugan adalah Dewa Hindu yang terkenal di kalangan orang Tamil di negara bagian Tamil Nadu di India, dan Sri Lanka. Dewa ini juga dikenal dengan berbagai nama, seperti misalnya Kartikeya, Kumara, Shanmukha, Skanda dan Subramaniam. Dia merupakan Dewa perang dan pelindung negeri Tamil. Dewa Murugan digambarkan sebagai dewa berparas muda, bersenjata tombak dan mengendarai burung merak. Oleh karena itu, di dalam komplek kuil ini juga terdapat kandang burung merak dan ada tiga ekor burung merak yang cantik di dalamnya.

Jamaah yang datang merupakan pendatang dari luar daerah khususnya Medan. Jadi cukup terbuka untuk umum dari pagi hingga sore, namun untuk masuk ke dalam kuil hanya hingga pukul 12.00. Kabarnya bahan pembuatan patung Dewa Murugan di Malaysia juga menggunakan material yang sama untuk Kuil Shri Raja Rajeswari Amman Kovil. Pada tanggal 28 Oktober 2012 patung ini diresmikan oleh Dirjen Bimas Hindu Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna. Untuk menuju lokasi patung ini berada jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 35 Km dari kota medan dan 15 Km dari kota Binjai. Lokasi nya sangat mudah ditemukan, bagi Anda yang pernah berwisata ke Bukit Lawang pasti Anda pernah melewati patung ini dan tampak dari jalan perlintasan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/en/informasi/tempat-wisata/sumatera-utara/patung-dewa-murugan-kemegahan-yang-ada-di-sumatera-utara.html
Comments
Loading...