Pasir Putih Parbaba, Samosir

0 4

Pasir Putih Parbaba

Pasir Putih Parbaba adalah salah satu destinasi wisata yang ada di pulau Samosir, sekitar satu jam perjalanan dari pelabuhan penyeberangan kapal ferry di Tomok. Dan sekitar setengah jam dari kota Pangururan jika Anda datang dari jalur lintas Menara Pandang Tele. Danau Toba dengan seribu tempat wisatanya dan tidak pernah cukup dalam satu hari untuk menjelajahi semua tempat wisata yang terdapat di pulau ini.

Danau Toba tidak hanya Parapat, Batu Gantung, Museum Rumah Adat Batak, Makam Raja Sidabutar, Air Terjun Sampuran Efrata, Danau Sidihoni dan lainnya. Dan ada banyak tempat eksotis di Danau Toba yang belum sempat dikunjungi. Inilah yang saya alami dan untuk ke sekian kalinya berkunjung ke Pulau Samosir. Biasanya pantai pasir di pinggir laut dan kalau pantai ini berada di pinggir Danau Toba.

Keindahannya tidak kalah dengan pantai pasir yang di pinggir laut. Pasir Putih Parbaba adalah salah satu ikon destinasi wisata yang dijual Kabupaten Samosir kepada wisatawan. Saat pertama kali tiba di lokasi pantai ini, udara sejuk yang berhembus dari danau menyambut kami. Tampak hamparan pasir putih dan sejauh mata memandang hamparan bukit dan gunung Pusuk Buhit menjulang berdiri kokoh bagaikan pagar batas Danau Toba dengan dunia luar.

Wahana Permainan Air Pantai Parbaba

Sejumlah wahana permainan air seperti Banana Boat, Ban Pelampung atau transportasi danau seperti kapal tapi mereka menyebutnya “Odong-Odong Danau Toba”,  sepeda air dan lainnya berada di tepi menunggu Anda.

Harga sewa wahana permainan air bervariasi dengan durasi waktu :

  • Speed Boat, Banana Boat : Rp. 250ribu per 8 orang
  • Odong-Odong Danau, Sepeda Air : Rp 20ribu/orang
  • Sepeda Air, Perahu Dayung : Rp. 50ribu/orang
  • Ban atau Pelapung berbagai macam bentuk : Rp 20ribu/orang

Pasir Putih Parbaba ramai dikunjungi wisatawan saat weekend, hari Sabtu – Minggu dan hari Libur. Pengunjung banyak datang dari luar Samosir seperti Medan, Berastagi, Siantar dan kota lainnya yang ada di Sumatera Utara. Para pemilik kios makanan dan minuman juga menyediakan tikar untuk alas duduk dipasir dengan harga 20-4oribu/pertikar.

Berbeda kedalaman Danau Toba yang ada di beberapa seperti di Parapat, hanya sekitar 2 meter sebatas pinggang orang dewasa. Selebihnya seperti jurang di dalam air yang cukup dalam, nah kalau di pantai Parbaba malah dangkal hingga ke tengah.

Tapi tetap harus berhati-hati jangan melewati batas area pemandian, karena bentuk kedalam danau seperti sumur. Pantai Pasir Putih Parbaba terletak diantara Pangururan dan Tomok, tepatnya di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Samosir – Sumatera Utara.

Source https://www.semedan.com https://www.semedan.com/2017/06/pasir-putih-parbaba-samosir.html
Comments
Loading...