Pantai Yeh Kuning di Jembrana, Bali

0 168

Pantai Yeh Kuning 

Pantai di bali barat memang tidak sepopuler pantai di bali selatan, akan tetapi pantai di bali barat juga memiliki potensi wisata yang patut dikembangkan dan dipromosikan sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. salah satu pantai yang ada di Kabupaten Jembrana yakni Pantai Yeh Kuning. 

Keindahan Pantai Yeh Kuning

Pantai Yeh Kuning ini berada di kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Desa ini berada di pesisir selatan kabupaten jembrana, sehingga desa ini memiliki pantai yang namanya sesuai dengan nama desa itu, yakni Pantai Yeh Kuning. Pantai yang berpasir hitam ini sangat mudah untuk dijangkau oleh para pelancong karena akses untuk menuju pantai sudah ada jalan yang beraspal dengan baik. Walaupun pantai ini sangat mudah diakses tetapi pantai ini masih sepi dari kunjungan dan sesekali terlihat orang yang melakukan ritual di pantai ini.

Oleh masyarakat setempat pantai ini kerap kali digunankan untuk melaksanakan kegiatan mleasti yakni kegiatan serangkain perayaan nyepi di bali, hal ini dapat dilihat terdapat tempat untuk meletakan peralatan untuk kegiatan melasti di samping pura segara yeh kuning. Pantai ini memiliki area yang landai dan luas, sehingga sangat cocok untuk aktivitas bermain bola atau lari-lari sambil menikmati deburan ombaknya. Sesekali terlihat anak muda yang main trek-trekan dengan sepeda motornya di pantai ini.

Akses Menuju ke Pantai Yeh Kuning

Jika anda datang dari pusat kota denpasar akan menempuh jarak sekitar 91 km atau dengan waktu tempuh 2 jam 33 menit dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari kota negara akan menempuh jarak sekitar 7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 14 menit perjalanan dengan kendaraa bermotor. Berikut cara mengakses Pantai Yeh Kuning.

Dari Taman Kota Pecangkan ke timur hingga ke perempatan Desa Batu Agung yang terdapat patung pahlawan Mayor I Gusti Ngurah Sugianyar lalu belok ke kanan untuk menuju jalan ngurah rai lalu ke jalan Pulau irian ke pulau seram kemudian belok ke timur ke jalan tenggiri. Di sini sepanjang jalan akan disuguhkan dengan pemandangan alam persawahan yang luas dan asri. Pokoknya alamnya benar-benar membuat hati nyaman dengan areal tersawahan yang benar-benar indah. Ikuti jalan tersebut atau ikuti jalan yang ada petunjuk arah menuju pura perancak. Nanti jika menemuka sebuah pelinggih (tempat suci) tepat di tengah-tengah perempatan, seperti gambar di bawah ini. 

Source https://www.longtripmania.org https://www.longtripmania.org/2017/09/tempat-wisata-pantai-yeh-kuning-jembrana.html
Comments
Loading...