Pantai Watu Klotok, di Nusa Penida

0 44

Pantai Watu Klotok terletak di Dusun Celepik, Desa Tojan, Kabupaten Klungkung, jarak dari pusat kota Semarapura hanya sekitar 5 km, berdekatan juga dengan objek wisata Kertha Gosa yang berada di tengah kota, sedangkan jarak dari Denpasar 30 km. Pantai Klotok ini sangat mudah dijangkau, dari arah Denpasar melalui by pass Ngurah Rai, kemudian belok kanan sampai mentok maka akan tiba di lokasi, sepanjang perjalanan menuju pantai Klotok anda bisa menikmati pemandangan sawah dan juga kebun penduduk, suasananya menyegarkan.

Nama Pantai Watu Klotok diambil dari nama pura yang terletak di pinggir pantai ini, pura tersebut bernama pura Watu Klotok, sejarah nama tersebut berasal dari kata “watu” yang artinya batu dan “klotok” artinya berbunyi, jadi penamaan tersebut berasal dari ditemukannya batu yang kalau dikocok terdengar bunyi seolah ada ruang dan sesuatu di tengah batu tersebut, batu tersebut dipercaya memiliki aura spiritual yang sangat tinggi dan sekarang ditempatkan di areal utama pura. Pura Watu Klotok sendiri merupakan pura Kahyangan jagat. Pura Watu Klotok dibangun oleh Raja Kertha atau Mpu Kuturan.

Pantai Watu Klotok sendiri berpasir hitam, terhampar luas menghadap ke arah Selatan, sehingga jika anda menikmati keindahan pantai ini, anda bisa melihat gugusan perbukitan Nusa Penida, karena memang jarak terdekat dan tercepat dengan speed boat menuju pulau tersebut dari wilayah Kabupaten Klungkung, seperti dari dermaga Kusamba, Gunaksa ataupun Pesinggahan. Alam pantai Watu Klotok ini terlihat sangat tenang, menyuguhkan pemandangan laut biru dan juga hamparan pasir hitamnya yang terlihat berkilauan saat terkena sinar matahari, tidak terlalu banyak pengunjung sehingga ideal untuk bersantai ataupun menemukan ketenangan di sini.

 

Anda yang terbiasa menikmati keindahan pantai berpasir putih, cobalah nuansa lain seperti yang disuguhkan di pantai Watu Klotok, apalagi tempat ini cukup tenang dan damai. Keberadaan pura tepi pantai yang menjadi tempat pemujaan umat Hindu tersebut, tampil cantik berpadu indah dengan keindahan alam pantai. Suguhan ombak di pantai Watu Klotok, cukup diminati oleh para peselancar, karena ombaknya cukup tinggi dan memanjang ideal untuk olah raga surfing, sehingga sesekali terlihat wisatawan asing datang menikmati tawaran ombak yang cukup menantang tersebut.

Keberadaan pantai Watu Klotok ini, cukup melengkapi daftar objek wisata di pantai Klungkung, warga biasanya menjadikan pantai ini sebagai tempat yang populer untuk bersantai bersama keluarga terutama anak-anak, terutama saat liburan hari raya. Suasana pada sore hari dengan pemandangan matahari terbenam, juga sering dimanfaatkan warga untuk bercengkrama menikmati keindahan pantai tersebut, terutama lagi saat akhir pekan, pantai Klotok lebih banyak pengunjung. Pantai ini terletak di kawasan suci pura Watu Klotok, jadi kalau berkunjung bersikaplah yang sopan dan jangan melakukan perbuatan tercela.

Kawasan objek wisata ini memiliki areal parkir yang cukup luas, tersedia juga toilet serta pedagang makanan dan minuman. Pantai Watu Klotok juga sering dijadikan tujuan ritual keagamaan oleh warga sekitar dan umat Hindu di Bali, bahkan saat upacara-upacara besar yang digelar di Pura Besakih, pantai dan pura Watu Klotok ini menjadi tujuan ritual Pesucian Ida Bhatara Besakih dan juga ritual Mulang Pekelem. Sehingga saat-saat tertentu kawasan ini akan dipenuhi oleh umat Hindu yang melakukan persembahyangan, selain pujawali atau odalan rutin di pura Watu Klotok setiap 6 bulan sekali di hari Anggara Kasih Julungwangi dan satu tahun sekali saat Purnamaning Kalima.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/pantai-watu-klotok/
Comments
Loading...