Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-pQEbRo.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Wantopi, Surganya di Pulau Buton Tengah

0 31

Pantai Wantopi

Pantai Wantopi yang terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim), Kabupaten Buton Tengah (Buteng), menjadi salah satu tempat favorit pengunjung menikmati liburnya di hari Minggu. Setiap pekannya, pantai yang membentuk pulau mini ini selalu dipadati pengunjung lokal dan luar daerah.

Seperti yang tampak pada Minggu kemarin, para pengunjung yang datang berkelompok dengan mobil maupun sepeda motor secara bergantian mengisi gazebo yang tersedia. Bahkan, mereka yang tidak kebagian tempat memilih membentang terpal di bawah rindangnya pohon kelapa.

Tak seperti pantai-pantai lainnya yang lurus membentang, Pantai Wantopi ini seperti melingkar membentuk gugusan pulau kecil, namun tidak terpisah sama sekali dari daratan desa setempat. Sehingga kendaraan pun bisa dibawa masuk ke dalam pantai yang menjorok ke tengah laut.

Bila dilihat dari udara dengan titik jauh tertentu, kita seperti berada di atas kapal pesiar yang sedang mengarungi lautan luas. Berjalan diatasnya, telapak kaki laksana mengalami pijatan refleksi karena butiran pasir putih yang halus. Ada rasa geli ketika telapak kaki menginjaknya dan sedikit terbenam.

Di atas pantai ini, hanya ada dua gazebo dan satu bangunan MCK yang terlihat dan dibangun pemerintah melalui Dinas Pariwisata. Sayangnya, MCK tersebut belum difungsikan dengan baik dan dibiarkan terkunci karena belum ada pengelolanya. Ada juga satu tempat dari bambu yang diberi atap, tapi sepertinya sengaja dibangun masyarakat setempat untuk tempat beristrahat nelayan yang menambatkan perahunya.

Fasilitas penunjang seperti penyewaan ban atau warung yang menjual kebutuhan pengunjung tidak ada sama sekali. Untuk beli minuman saja, pengunjung harus kembali lagi ke daratan. Rupanya, pantai yang sudah terkenal di media sosial ini masih minim fasilitas.

Menurut mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Buteng, Lukman, pihaknya sudah mengupayakan sebelumnya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bernilai ratusan juta untuk mengembangkan sarana dan fasilitas pendukung di Pantai Wantopi tersebut, asalkan mau dihibahkan kepada pemerintah.

Ada ratusan juta rupiah yang sudah disiapkan pemerintah untuk membangun sarana dan fasilitas penunjang di Pantai Wantopi tersebut. Namun karena masyarakatnya lebih memilih mengelolanya sendiri dengan mengandalkan dana desa, DAK tersebut dibawa ke obyek wisata lain yang sudah ada hibahnya.

Padahal, bila dihibahkan dan dikelola pemerintah hasilnya yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan dikucurkan juga ke Desa Wantopi melalui bantuan dalam bentuk pembangunan dan pemberdayaan. Disamping itu, masyarakat setempat pun dibebaskan menjual kebutuhan pengunjung di kawasan pantai tersebut.

Sayangnya, masyarakat setempat enggan menghibahkan Pantai Wantopi kepada pemerintah dan lebih memilih mengelolanya sendiri. Namun sampai sekarang, belum ada sentuhan dari pemerintah desa untuk mengembangkannya. Bahkan, jembatan papan yang rusak dan bisa dijadikan akses cepat bagi pejalan kaki dari daratan menuju pantai belum kunjung diperbaiki.

Sentuhan yang sudah dilakukan hanya memasang bingkai hati besar (love) dari besi untuk dijadikan tempat berfoto pengunjung, tapi disitu tertulis KKN-P Unidayan. Bunga plastik yang menghiasi bingkai love tersebut sudah tidak terlihat lagi. Begitu juga ayunan raksasa yang biasa diposting di media sosial, sudah tak tampak lagi.

Source https://publiksatu.com https://publiksatu.com/pantai-wantopi-destinasi-wisata-buton-tengah-jadi-incaran-wisatawan-44057
Comments
Loading...