Pantai Wai Ipa, Keindahan Pantai Eksotis di Maluku Utara

0 27

Pantai Wai Ipa

Pantai Wai Ipa merupakan salah satu Objek Wisata Pantai yang bisa Anda temui di Maluku Utara. Pantai ini membentang di daratan Sanana, yang merupakan ibukota dari Kabupaten Kepulauan Sula. Pantai Wai Ipa terasa begitu menyatu dengan dari peruhan penduduk setempat. Terhampar tak jauh dari tempat tinggal penduduk, Pantai Wai Ipa kerap dijadikan pelataran bagi penghuni rumah-rumah sederhana tersebut untuk menikmati temaram nya matahari di balik horizon.

Kawasan Wisata Pantai Wai Ipa ini terdapat oleh-oleh khas, yaitu madu. Madu lokal adalah oleh-oleh terbaik yang bisa dibawa pulang dari Sanana. Perbukitan di daratan Sanana telah menjadi tempat tinggal bagi lebah-lebah hutan penghasil madu terbaik. Khasiatnya terasa dan rasanya nikmat. Madu asli terlihat dari warnanya yang gelap dan kental. Aromanya juga manis dan segar. Madu sejenis ini tak mengundang semut meski tertumpah. Di Sanana, madu asli di dalam botol mineral di tawarkan seharga 250 hingga 300 ribu. Bila harganya lebih murah, keasliannya mesti ditanya.

Pantai Wai Ipa Sanana sendiri menyimpan kearifan yang masih asli. Puluhan bangunan masjid menghiasi sudut-sudut kotanya. Di sini nilai-nilai Islam menaungi kegiatan warga nya di setiap waktu. Seiring lantunan ayat suci berkumandang di tengah hari, rumah makan dan toko-toko menutup pintu bagi pembelinya.

Kendaraan bermotor dan angkutan kota turut mematikan mesinnya. Warga menghentikan kegiatan mereka untuk bersiap beribadah. Di hari Jumat, kedamaian lebih terasa lagi. Ayat suci berkumandang sejak jam 11 pagi, dan aktivitas berhenti 2 jam sejak tengah hari. Di petang hingga malam hari, aktivitas warga berhenti sejak pukul 5 sore hingga pukul 8 malam. Di waktu-waktu ini warga kotanya beribadah sholat Ashar, Maghrib hingga Isya. Mengisi perut baiknya di lakukan setelah pukul 8 karena warung-warung makan dan toko swalayan tertutup.

Akses Menuju ke Pantai Wai Ipa

Objek Wisata Pantai Wai Ipa bisa dicapai dengan perjalanan laut yang jauh selama kurang lebih 17 jam dari Ternate memang harus ditempuh bila ingin mendatangi Pulau Sanana tempat Pantai Wai Ipa ini berada. Namun panorama menawan yang dimilikinya segera akan meng-eleminasi rasa lelah di perjalanan.

Pantai Wai Ipa bisa di raih dengan berkendara dari pusat kota Sanana. Dari pelabuhannya, angkutan umum yang juga biasa di pakai para warga akan menyinggahi pasar fogi. Di pasar tradisional ini petualangan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek hingga tiba di pantai yang tidak memungut biaya masuk tersebut.

Source http://wizid.blogspot.com http://wizid.blogspot.com/2014/04/objek-wisata-pantai-wai-ipa-sanana-maluku-utara.html
Comments
Loading...