Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-1y861l.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Vovasanggayu, Destinasi Wisata Pasangkayu

0 28

Pantai Vovasanggayu

Nama ini terdengar aneh di telinga Anda. Tapi, siapa sangka, makna di balik nama Vovasanggayu cukup punya arti besar bagi Kota Pasangkayu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Menurut beberapa cerita yang berkembang di masyarakat, nama dua pohon mangrove itu memang dijadikan nama kota tersebut karena sangat khas. Tapi, secara pastinya tidak ada yang bisa menjelaskan.

Namun, kisah pohon mangrove ini ternyata sempat dibukukan dengan judul “Cerita di Bumi Vovasanggayu Sulawesi Barat Kumpulan Legenda dan Dongeng Mmuju Utara” karangan Abdul Wahid yang diterbitkan oleh Annora Media Group.

Jika mengutip dari kisah di buku tersebut, konon pada masa lalu, seorang nenek bernama Tupu yang hidup di kampung Tanjung Babia memiliki seorang cucu yang bernama Ijo. Si cucu ini dikisahkan sangat menggebu-gebu ingin melaut dengan orang dari selatan yang singgah di kampung Tanjung Babia.

Nah, adanya dua pohon bakau di pinggir laut ini dijadikan sebagai penanda kalau nanti sang cucu sudah kembali ke kampung halamannya, dia tahu bahwa dia berada tepat di tempat asalnya. Si nenek juga yang menenam dua pohon bakau tersebut.

Setelah beberapa tahun kemudian, si nenek dikabarkan meninggal dunia dan sang cucu dan warga setempat sepakat untuk menamai dua pohon tersebut dengan sebutan “Vovasanggayu” yang berarti pohon yang tumbuh sendiri.

Dari nama yang dia berikan itulah kemudian nama kampung tersebut berasal. Di lain cerita, ada juga orang yang menyebut bahwa kedua pohon bakau itu dulunya adalah pohon yang menjadi tambatan bagi perahu-perahu nelayan setempat.

Perlu Anda ketahui sebelumnya, Vovasanggayu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa kaili (suku yang sudah lama mendiami Matra) yang berarti pohon. Seiring berjalannya waktu, masyarakat kemudian menyebut nama vovasanggayu menjadi pasangkayu dan dari situ lah nama tersebut populer.

Sementara itu, lokasi dua pohon bakau itu pun kini menjadi salah satu pusat destinasi Kota Pasanggayu. Beberapa netizen di Instagram juga coba mengabadikan lokasi di sana dan ternyata cukup indah untuk dikunjungi. Seperti terlihat dari akun Instagram @@upphadillakhan yang mencoba mengabadikan momen salah satu spot lucu di sana.

Yaitu seperti bangunan dengan bentuk yang unik dan disain yang sedap dipandang. Begitu juga yang ditampilkan akun @wiidyaseptiiana yang berfoto di depan anjungan vovasanggayu. Di foto itu terlihat suasana yang tenang dan lokasinya terlihat seru. So, tertarik juga untuk datang dan melihat langsung dua pohon bakau tersebut dan suasana sekitarnya yang instagramable itu?

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2018/03/15/406/1873186/menengok-wujud-vovasanggayu-yang-menjadi-asal-nama-dari-pasangkayu
Comments
Loading...