Pantai Tobololo, Keindahan Pantai Eksotis di Kota Ternate

0 35

Pantai Tobololo

Pantai Tobololo terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Ternate Utara, bersebelahan dengan Pantai Sulamadaha. Dari pusat kota sekitar 10 km ke arah utara. Keunikan apa saja yang ada di Pantai Tobololo sehingga ia mempunyai ciri khas tersendiri, berikut paparannya.
1.  Jangkauan yang lebih panjang dibandingkan pantai yang lain.
Panjang pantai yang dapat diakses oleh pengunjung kurang lebih 1 km, berupa pantai yang tenang dan datar. Pengunjung bisa berjalan santai menikmati ombak dan pasir pantai, sehingga tak terasa telah berolahraga jalan kaki sejauh 1 km. Tidak itu saja, pasir pantai di Tobololo juga terbilang unik karena satu bagian pantai berpasir hitam dan bagian lain berpasir putih.
2.  Terdapat penangkaran penyu di Pantai Tobololo.
Pantai Tobololo saat ini merupakan satu-satunya pantai di Ternate yang memiliki perangkat konservasi alam yaitu penangkaran penyu. Menurut informasi dari Bang Alwi, salah satu anggota kelompok Ori Mafala yang merupakan pelaksana penangkaran penyu tersebut, ada dua jenis penyu yang biasa berkunjung untuk bertelur di Pantai Tobololo. Kedua jenis tersebut yaitu penyu sisik dan penyu lekang. Namun, Ori Mafala tidak hanya menampung telur dari Tobololo saja, melainkan telur penyu yang ditemukan di pantai lain juga ditampung dan ditangkarkan di sini. Selain itu juga dikembangkan penangkaran ikan di dasar laut yang merupakan program dari kementerian kelautan dan perikanan.
3.  Adanya sumber mata air panas
Keunikan Toblolo selanjutnya adalah adanya sumber mata air panas di sepanjang pantai. Tidak tanggung-tanggung, jika air surut sudah pernah ditemukan setidaknya enam titik sumber air panas di sepanjang pantai. Dan menurut informasi, hal tersebut belum ditemukan di pantai yang lain di Ternate. Maka ini tentu saja merupakan sebuah potensi pariwisata yang cukup menjanjikan bagi Tobololo. Semoga bisa dibangun dan dikelola dengan baik agar memberikan efek positif terutama dalam hal ekonomi penduduk setempat utamanya.
4.  Ketersediaan infrastruktur yang cukup mendukung wisata.
Jalan akses menuju Pantai Tobololo sangat mendukung karena letaknya tepat di tepi jalan lingkar utama di Ternate. Hanya saja jalan setapak untuk turun ke pantai masih terlalu curam dan sempit, sehingga alangkah baiknya diperbaiki untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. Salah satu yang mendukung lagi adalah masjid kelurahan tepat di daerah pantai yang juga dapat langsung diakses dari pantai, memudahkan pengunjung yang hendak menunaikan kewajibannya.
Di satu daerah pantai juga sudah dibangun sarana pendukung berupa warung-warung makanan yang menyediakan menu khas seperti pisang mulu bebek dan kelapa muda. Dilengkapi dengan gazebo untuk menikmati hidangan sekaligus menikmati keindahan pantai. Mungkin suatu saat bisa dilengkapi dengan spot untuk menikmati menu seafood segar dari panenan lokal.
Terdapat pula kamar ganti lengkap dengan pancuran air untuk membersihkan badan seusai bermain di pantai.Satu lagi yang menarik adalah adanya pojok ruang literasi yang merupakan kreativitas mahasiswa PPL. Di ruang penyimpanan buku, tersedia beberapa jenis bacaan yang bisa dipinjam sebagai bahan literasi.
Itulah beberapa keunikan yang bisa ditemui di Pantai Tobololo, beberapa diantaranya tidak ditemukan di pantai lain di Ternate. Disamping itu semua, pantai ini menjadi terasa nyaman dinikmati karena prakarsa penduduk setempat untuk menjaga kebersihan pantainya. Sehingga tidak banyak ditemui sampah berserakan di sepanjang pantai yang masih sangat alami ini.
Source http://desikuguruku.blogspot.com http://desikuguruku.blogspot.com/2017/01/tobololo-spot-pantai-yang-unik-di.html
Comments
Loading...