Pantai Tiku, Kecantikan Tersembunyi di Pantai Barat Sumatera

0 15

Pantai Tiku

Pantai Tiku adalah salah satu destinasi wisata alam dengan dua pulau di hadapanya ini, masih terlihat asri dengan pantai berpasir halus. Setelah menempah 2 jam perjalanan dari Bukittinggi via Kelok 44,  di Pantai Tiku pada pagi hari. Pagi itu, para nelayan masih melakukan lelang ikan di sana sampai pukul 10.00 WIB. Ikan-ikan segar baru dibawa nelayan setelah beberapa hari melaut. Kehadiran masyarakat setempat untuk membeli ikan menjadi pemandangan yang mengasyikan ketika hendak membawa ikan ke pasar.

 

Di Pantai Tiku, tumbuh deretan pohon cemara laut. Di bawah pohon cemara yang sudah cukup tinggi itu, para pedagang kaki lima membuka lapak daganganya. Wisatawan yang datang pagi, bisa ikut andil membeli ikan di pantai Tiku yang jernih. Ikan yang dibeli, bisa langsung di bawa ke warung yang ada untuk dibakar. Pihak pengelola warung, sudah menyediakan bumbu masak untuk ikan yang dipanggang.

Nasi putih hangat yang terbungkus daun pisang, sudah tersedia. Wisatawan bisa menyantap ikan panggang yang baru saja dilelang di tepi pantai. Ikan segar hasil pencarian nelayan rasanya jauh lebih sedap dan terasa lebih manis dibanding setelah ikan masuk ke pasar. Kita senang bisa ikut beli ikan langsung sama nelayan.  Di Pantai Tiku wisatawan juga bisa berenang di sana. Ombak yang menghempas menjadi mainan untuk anak-anak yang memanjakan dirinya berkejaran di pantai.

Dengan menyewa kapal nelayan, wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Tengah dan Pulau Ujung dalam perjalanan 20 menit dari Pantai Tiku. Pulau Ujung lebih menarik lagi dari Pantai Tiku, dengan air yang jernih sehingga ikan terlihat berenang di sela batu karang. Pulau ini tanpa penghuni, namun ada rumah kaum adat sebagai tanda kalau pulau ini adalah tanah ulayat. Di Pulau Ujung ini ditumbuhi ratusan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Di sana juga ada mercusuar. Pulau ini luasnya sekitar 8 hektar. Jika berkeliling dengan jalan kaki, tak sampai 40 menit sudah sampai ke titik awal kita melangkah.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3138971/pantai-tiku-kecantikan-tersembunyi-di-pantai-barat-sumatera
Comments
Loading...