Pantai Tengkera : Pantai yang Tersembunyi di Sulawesi Tenggara

0 44

Pantai Tengkera

Pantai Tengkera merupakan salah satu pantai dengan potensi wisata bahari tinggi. Namun sayang, sulitnya akses membuat pantai ini tersembunyi, nyaris tak dilirik. Pantai ini terletak di Pulau Wawonii, atau sering disebut juga Pulau Wowoni. Pulau Wawonii termasuk ke dalam wilayah Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara. 

Kabupaten Konawe Kepulauan, Pantai Tengkera terletak di Desa Nambo Jaya, Kecamatan Wawonii Tenggara. Dari Langara, ibu kota Kabupaten Konawe Kepulauan, pantai ini berjarak sekitar 50 kilometer. Anda bisa menumpang kapal feri dari Pelabuhan Ferry Kendari Wawonii, sekitar 30 menit dari pusat kota Kendari.

 

Untuk mencapai pantai. Pelancong bisa memarkirkan kendaraan di desa dan berjalan sekitar 30 meter. Tak hanya hamparan pasir putih, di sebelah selatan ada kumpulan bebatuan cantik yang timbul di antara pasir pantai sehingga memberi warna tersendiri.Selain cocok dijadikan tempat bersantai, kecantikan pantai Tengkera juga tepat dijadikan lokasi untuk berfoto. Pada musim tertentu Anda bisa menjumpai puluhan penyu yang bertelur di sekitar pantai.

Beda halnya dengan Pantai Kampa di barat laut Pulau Wawonii yang telah lebih dulu dibenahi. Pantai yang tadinya juga tersembunyi ini sekarang memiliki akses jalan yang terbilang bagus.Tak kalah cantik dari Pantai Tengkera, Pantai Kampa unggul dengan wisata bahari pasir putih yang membentang panjang, terumbu karang unik, tebing terjal di bagian barat, laut jernih dan pohon kelapa yang berderet rapi.

Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dari pantai ini. Tak hanya itu, Pantai Kampa juga unik dengan arsitektur budaya rumah masyarakat suku Bajo yang berjejer di tengah laut. Di tempat itu suku Bajo juga membudidayakan ikan di dalam karamba serta budi daya rumput laut, ditambah budi daya mutiara yang tak jauh dari pantai.

Source https://beritagar.id https://beritagar.id/artikel/piknik/pantai-tengkera-yang-tersembunyi-di-sulawesi-tenggara
Comments
Loading...