Pantai Teluk Makmur, Tempat Wisata Terbaik Dumai

0 23

Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur, pantai dengan daratan berpasir yang mempunyai garis pantai dan dipenuhi dengan batuan besar. Batuan tersebut sengaja disusun di sepanjang garis pantai untuk menahan gempuran ombak yang menerjang daerah pinggiran pantai tersebut. Pada saat pasang, ombaknya naik hingga daratan Pantai Teluk Makmur. Pantai Teluk Makmur berada di kota Dumai, Riau.

Pantai Teluk Makmur mempunyai aliran air kecil yang mengarah menuju ke perairan pantai. Lebar aliran air ini tidak terlalu besar, namun mempunyai debit air yang konstan. Dimana alirannya terus mengalir menuju ke perairan pantai teluk makmur, meskipun pada saat musim kemarau. Aliran ini berasal dari air sungai yang salah satu ujungnya berakhir di lautan yang ada di Pantai Teluk Makmur. Karena aliran ini merupakan pertemuan antara air yang berasal dari sungai dengan perairan laut, maka airnya bersifat payau.

Aliran air yang terdapat di Pantai Teluk Makmur terlihat meliuk-liuk mengikuti kontur permukaan dimana dia mengalir. Pada beberapa bagian terlihat aliran air ini mengalir diantara bebatuan yang memang banyak terdapat di Pantai Teluk Makmur. Akibat aliran air yang bergerak terus-menerus melewati kontur permukaan tanah, maka daerah yang dilewati oleh aliran ini menjadi lebih rendah dari permukaan tanah yang ada di kedua sisinya. Namun aliran air ini tidaklah dalam. Kedalamannya hanya mencapai mata kaki orang dewasa. Sehingga pengunjung bisa dengan aman menjejakkan kaki mereka kedalam air dan berjalan mengikuti aliran air tersebut.

Pantai Teluk Makmur juga memiliki pondok pondok yang dapat digunakan untuk bersantai. Pondok yang berdiri diatas perairan pantai teluk makmur ini, terbuat dari bahan baku kayu ini ditopang oleh tiang penyangga dibawahnya mirip seperti desain rumah panggung. Desain panggung ini memungkinkan pondok bisa berdiri meskipun bangunannya berada diatas perairan Pantai Teluk Makmur. Karena pondok tersebut berada diatas perairan, maka pengunjung yang pergi ke pondok memerlukan suatu akses. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena untuk mencapai pondok tersebut terdapat jembatan kayu yang dibangun pada tepi Pantai Teluk Makmur. Jembatan kayu ini menghubungkan langsung daratan pantai yang ada didekatnya dengan pondok yang berada diatas air.

Meskipun desainnya relatif sederhana, namun dikanan dan kiri jembatan telah terpasang pagar. Pagar ini dapat memberikan pengamanan tambahan bagi para pengunjung yang ingin menyeberang dari tepi pantai untuk menuju ke pondok yang ada diatas perairan Teluk Makmur. Terutama bagi pengunjung yang menyebrang dengan membawa anak kecil. Jadi tunggu apalagi, segera berkunjung ke Pantai Teluk Makmur. Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Pantai Teluk Makmur dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Source https://wisatanasional.net https://wisatanasional.net/wisata-nasional-pantai-teluk-makmur/
Comments
Loading...