Pantai Tapak Kera, Wisata Alam di Lampung Selatan

0 28

Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera merupakan salah satu pantai eksotik di daerah Lampung Selatan ini memang belum banyak orang yang mengetahuinya. Kita akan dibuat takjub dengan keindahan panoramanya dan romantisme dikala menjelang sunset. Di salah satu sisi pinggir pantai akan terbentuk secara alami saat air laut surut, menyerupai sebuah kolam renang yang dapat dimanfaatkan untuk berenang atau sekedar berendam. Pantai ini dapat jadi rekomendasi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi dari daerah Lampung, terutama bagi kalian yang hobi berfoto ria dan foto prewedding.

Pantai Tapak Kera menyajikan keindahan panorama alam yang dapat memanjakan mata. Suasana alam yang masih alami dengan hamparan pasir putih, air laut berwarna biru jernih, pepohononan yang rindang, dan deretan bebatuan  karang berukuran besar dan kecil berserak di bibir pantai, membentuk struktur-struktur yang indah seperti dipahat oleh manusia, dan bebas polusi pun menjadi daya pikat pantai ini. Tak hanya itu, kegiatan hiking pun dapat dilakukan disini.

Sejarah nama “Tapak Kera”

Menurut laporan dari Kupas Tuntas, konon dahulu kala hidup kawanan kera yang berkeliaran secara liar di daerah ini. Inilah yang menjadi asal mula pantai nan eksotik ini diberi nama Pantai Tapak Kera. Ketika air laut surut para kawanan kera tersebut mendatangi daratan untuk mencari makan dan bermain di daratan. Kawanan kera tinggal di pulau karang yang ada di seberang pantai, dan pantai menjadi tempat para kera untuk bermain dan beristirahat siang.

Dulu, para warga sekitar menyebut daerah ini dengan nama Penampan Kekha. Nama tersebut berasal dari Bahasa Lampung yang berarti tempat atau wadah para kera beristirahat dan berkumpul, namun dimakan waktu dengan semakin banyaknya pendatang dari luar pesisir pantai Lampung Selatan sehingga berubah nama dari Penampan menjadi Tapak Kera.

Akses Menuju ke Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera berada di Dusun Kenjuru, Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Untuk dapat sampai ke lokasi terbilang cukup sulit. Walaupun dibutuhkan perjuangan, semua akan terbayar dengan pesona Pantai Tapak Kera yang sangat memanjakan mata. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Bandar Lampung dan masih harus trekking sekitar 20 – 30 menit dengan menelusuri ladang pertanian jagung milik warga sekitar. Akses jalan untuk dapat ke lokasi pun akan naik turun bukit, jalan setapak yang yang biasa digunakan para petani sekitar untuk untuk ke ladang.

Source https://www.idntimes.com https://www.idntimes.com/travel/destination/irma-wulandriani/pesona-pantai-tapak-kera-c1c2/full
Comments
Loading...