Pantai Tapak Balai, Wisata Alam di Bengkulu

0 18

Pantai Tapak Balai

Keindahan Panorama alam di Bengkulu utara menyimpan banyak aset pariwisata. Salah satunya adalah pantai Tapak Balai atau yang biasa disebut juga Tapak Keramat oleh masyarakat setempat. Lokasi Objek wisata Tapak Balai ini berada di Pinggir jalan raya lintas Bengkulu-Padang tepatnya di Desa Tebing Kandang, Pasar Palik, Kota Bengkulu Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar satu jam dari Kota Bengkulu ataupun dari Kota Argamakmur.

Kelebihan objek wisata Tapak Balai ini adalah pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati segarnya suguhan air kelapa muda yang dapat dibeli dengan penjual sekitar pantai. Karena lokasinya yang strategis membuat pantai ini ramai pengunjung setiap harinya. Menariknya, di pantai ini terdapat tanah kuning di atas karang yang sering juga dikenal dengan istilah Tanah Lot-nya Bengkulu Utara.

Layaknya Tanah Lot Bali, tanah di atas karang itu ditumbuhi pohon kelapa dan jenis rumput lainnya. Tanah tersebut merupakan rekahan pecah akibat gerusan abrasi air laut. Namun karena bentuk dan warnanya mencolok, pemandangan tanah ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Berkaitan dengan cerita mistis , Pantai Tapak Balai memiliki makam tua keramat yang diyakini makam orang sakti.

Menariknya lagi, menurut warga kemungkinan besar pemilik makam ini adalah orang yang sama dengan pemilik makam yang ada di Tapak Batu Pasar Lais yang lokasinya sekitar sepuluh kilometer dari pantai Tapak Balai. Sebab jika di makam Tapak Batu ditemukan jubah, di Tapak Balai sejarah makam tersebut dibuat karena dulunya ditemukan sorban putih di atas makam.

Pantai Tapak Balai semakin diminati pengunjung semenjak dinding-dinding curam disekitar pantai terbentuk akibat kikisan abrasi, namun hal itu menjadikan pantai tersebut semakin indah dan menarik perhatian tersendiri bagi pengunjungnya sebab sangat cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan moment yang ada alias berfoto selfie.

Source http://infopublik.id http://infopublik.id/read/147212/pantai-tapak-balai-bengkulu-utara-mirip-tanah-lot-bali.html
Comments
Loading...