Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Bangka

0 34

Pantai Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang adalah salah satu kawasan strategis pariwisata nasional di Indonesia. Nama Kelayang sendiri adalah nama salah satu jenis burung di Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan bagian dari kawasan ini.
Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terbaik di Bangka Belitung. Pantai ini setiap tahun menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht yang mengikuti Rally Sail Indonesia.
Pantai Tanjung Kelayang mungkin tidak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi yang letaknya tidak jauh dari sini dan menjadi terkenal karena menjadi salah satu lokasi shooting Film Laskar Pelangi. Meskipun demikian, pantai ini sebenarnya juga menjadi salah satu lokasi dari film tersebut. Pantai Tanjung Kelayang memiliki laut yang berair biru kehijauan, bergelombang tenang dengan pasir pantai yang putih dan halus. Karena itu, pantai ini juga menjadi tempat berenang yang menyenangkan dan cukup aman.  Di sisi pantai juga banyak terdapat pohon kelapa.
Di seberang pantai terdapat pulau yang terdiri dari tumpukan batu granit raksasa. Tumpukan granit ini membentuk formasi kepala burung. Oleh karena itu, pulau granit ini kemudian disebut Batu Garude. Batu Garude menjadi salah satu landmark Pulau Belitung. Wisatawan sebaiknya memiliki foto dengan latar belakang Batu Garude ini. Apabila berkunjung ke Pulau Belitung, biasanya orang-orang akan mengunjungi Pulau Lengkuas.
Untuk menuju Pulau Lengkuas, biasanya orang-orang akan menyeberang melalui Tanjung Binga atau melalui Pantai Tanjung Kelayang. Di Pantai, banyak terdapat perahu nelayan yang selain digunakan untuk mencari ikan, juga dapat disewa untuk membawa wisatawan melakukan “Island Hopping” menuju Pulau Lengkuas.
Source http://www.visitbangkabelitung.com http://www.visitbangkabelitung.com/content/pantai-tanjung-kelayang
Comments
Loading...