Pantai Tanjung Bastian : Pantai Pasir Putih dengan Trek Pacuan Kuda yang Menarik di Nusa Tenggara Timur

0 28

Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian adalah nama yang ditangkap kira-kira sejak abad ke-16, sebuah tanjung di pantai, yang menyimpan sejuta cerita di masa lalu. Tempat ini menceritakan perjalanan masa lalu manusia, dengan latar belakang pegunungan Kolboki dan Bastian. Pantai Tanjung Bastian adalah pantai dengan hamparan pasir putih di Nusa Tenggara Timur. Rentangan pasir mencapai sekitar seratus meter dengan air laut kristal. Bagi para pengunjung yang menyukai petualangan bisa mengunjungi Pantai Tanjung Bastian untuk menikmati panorama yang menakjubkan. Tak hanya memiliki alam yang bersahabat, pantai ini juga ditempati oleh penghuni yang ramah. Mereka menyambut semua wisatawan dan meyakinkan mereka bahwa Pantai Tanjung Bastian adalah pantai yang aman.

 

Pantai Tanjung Bastian terletak di Kota Wini, sebelah utara Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 65 km dari Kota Kefamenanu. Lokasi pantainya strategis karena bisa ditempuh dengan bus, travel agent, atau bahkan motor. Dari kecamatan Wini, Anda bisa pergi ke pantai sekitar 5 km ke arah timur. Wini sendiri berbatasan langsung ke Timor Leste. Kondisi ini membuat pantai menjadi salah satu tujuan wisata potensial di Nusa Tenggara Timur.

Saat Anda berwisata untuk menikmati panorama yang menakjubkan di Pantai Tanjung Bastian, Anda akan melihat apakah pantai masih perawan. Warga merawat pantai dengan sangat baik. Selain itu, Anda juga akan melihat aktivitas menarik lainnya di sini, seperti pacuan kuda. Beberapa orang menganggap trek di Pantai Tanjung Bastian sebagai salah satu trek pacuan kuda terindah di Indonesia. Jadi, jika Anda bepergian ke Kefamenanu, jangan lewatkan pantai ini karena sangat layak untuk dikunjungi.

Jika ingin merasakan tantangan berpetualang, Anda bisa menuju Pantai Tanjung Bastian dengan sepeda motor. Saat Anda memulai perjalanan dari Kota Kefamenanu, dibutuhkan sekitar satu jam. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan sempit. Pemandangan di sepanjang jalan terasa segar dan menawan. Ketika Anda mendekat ke pantai, Anda mulai melihat bukit berbatu terjal yang mengapit jalan. Menurut penduduk setempat, sisi barat bukit berbatu berbatasan dengan Timor Leste. Perbukitan membentang di sepanjang jalan dan ini akan memberi Anda sensasi yang berbeda.

Tiba di Pantai Tanjung Bastian, Anda akan disajikan bundaran besar yang dilapisi oleh kayu-kayu putih. Ada panggung penonton di selatan trek pacuan kuda. Jalur ini terkenal sebagai Trek Pacuan Kuda Tanjung Bastian. Event balap kuda ini digelar secara rutin 3 – 4 setahun. Saat acara digelar, kerumunan penonton membanjiri panggung. Suasana menjadi begitu gembira. Tapi, saat tidak ada acara, trek berubah menjadi relatif sepi.

Pantai Tanjung Bastian juga dipenuhi semak berduri dan pohon asam. Daerah menjadi teduh karena pohon ini tumbuh dengan baik. Di beberapa tempat, ada banyak cottage. Anda dapat beristirahat di sana untuk sementara waktu. Perpaduan perbukitan, pasir putih dan trek pacuan kuda di Pantai Tanjung Bastian menjadi salah satu tujuan wisata alternatif saat Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Tanjung Bastian adalah saat saat matahari terbenam tiba.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pantai-tanjung-bastian-pantai-pasir-putih-dengan-trek-pacuan-kuda-yang-menarik-di-nusa-tenggara-timur
Comments
Loading...