Pantai Tampan Amma : Surga Tersembunyi di Kepulauan Talaud

0 71

Pantai Tampan Amma

Pantai Tampan Amma adalah garis pantai di sisi timur Pulau Karakelang atau Pulau Karakelong di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, yang memiliki sejuta keindahan alam. 12 kilometer pasir halus menawarkan tempat berselancar di atas punggung bukit Pasifik di surga tersembunyi tanah ribuan pulau.

Pantai Tampan Amma Timur adalah pantai timur pulau Karakelang dan menyentuh ombak Samudra Pasifik. Panjang pantai 12 kilometer dan lebar 60 sampai 80 kilometer saat surut. Kawasan yang indah mencakup empat desa dimana orang berbaur dengan alam di pulau terluar Indonesia.

Wisatawan menjelajahi pantai dengan sepeda motor sebagai petualangan yang tak terlupakan. Perjalanan dimulai di Kota Melonguane ke Kabupaten Beo sekitar 60 menit dengan menggunakan ojek dengan tarif sewa per hari Rp 50 ribu. Perjalanan dilanjutkan ke timur pulau ke Desa Riung di Kecamatan Tampan Amma dalam waktu dua jam perjalanan.

Pantai di sini sangat indah. Batu kecil sampai raksasa berdiri kokoh di pantai yang indah ini saat diterpa ombak. Pantai eksotis sebagai ucapan selamat datang di surga yang tersembunyi. Pantai di Lirung adalah awal dari sebuah petualangan di jalur berpasir.

Petualangan terus berlanjut di atas tanah pasir dan mengemudi harus hati-hati. Sesekali harus memecah ombak di pantai atau bahkan melewati celah-celah batu raksasa. Selanjutnya menyusuri pantai yang panjang dan menyaksikan kehidupan penduduk desa saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Penduduk desa di pantai sering menghabiskan waktu bersantai di pantai untuk saling bertemu, bermain bola voli atau bola kaki. Anak-anak berselancar dengan papan selancar tradisional. Orang tua membuat anyaman bambu sambil mengunyah pinang.

Perjalanan melintasi pantai sepanjang 12 kilometer ini lebih seru bila sampai pada dua sungai yang harus dilalui menggunakan rakit. Tak hanya orang, sepeda motor juga diangkut menggunakan rakit. Di sisi sungai, penduduk memancing atau menyebarkan jala untuk menangkap ikan sebagai pertunjukkan lanskap asli kehidupan humanis penduduk pesisir.

Di akhir perjalanan ke Desa Ammat, Anda bisa beristirahat di tepi pantai dengan mendirikan tenda. Suasana malam semakin melengkapi petualangan di Pantai Timur Karakelang ini. Selain berpetualang di pulau yang indah, Anda juga belajar tentang kehidupan orang-orang di surga yang tersembunyi.

Aktivitas di Pantai Tampan Amma

Surfing, Diving, snorkeling, berenang, memancing, trekking, hiking, camping, hammocking. Jelajahi flora dan fauna. Jelajahi etnografi, arkeologi, arsitektur, budaya dan kuliner. Berburu fotografi dan videografi, dan lainnya.

Rute Menuju Pantai Tampan Amma

Tujuan Pertama adalah Kota Manado, dari Manado Anda dapat menggunakan pesawat udara Wings Air menuju Bandara Melonguane di Kabupaten Talaud. Dari Bandara Melonguane dilanjutkan berkendara ke pantai timur.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/indonesia/sulawesi-utara/pantai-tampan-amma-di-pulau-karakelang-surga-tersembunyi-di-kabupaten-kepulauan-talaud
Comments
Loading...