Pantai Swarangan : Tempat Wisata Akhir Pekan di Kalimantan Selatan

0 50

Pantai Swarangan

Pantai Swarangan terletak di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 117 kilometer dari Kota Banjarmasin atau kurang lebih 52 kilometer dari ibukota kabupaten tanah laut Pelaihari dan bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Pantai Swarangan bukanlah pantai yang ramai, tidak terlalu banyak pengunjung yang datang untuk berekreasi ke Pantai Swarangan. Sehingga pada hari normal, pos pembayaran tiket dibiarkan tidak terjaga. Tidak terlihat juga ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman kecil di Pantai. Jadi sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup kalau ingin berkunjung ke Pantai Swarangan. Karena tidak ada warung yang bisa ditemui di dekat lokasi pantai. Pedagang yang jumlahnya tidak terlalu banyak baru mulai terlihat di Pantai Swarangan pada hari libur. Begitu juga dengan penjaga yang meminta uang di pos pintu masuk. Pengunjung di Pantai Swarangan akan mengalami sedikit peningkatan.

Karena kondisinya yang bisa dibilang sepi, maka pantai ini adalah lokasi yang cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari keramaian kota sambil berekreasi. Kawasan Pantai Swaranganditumbuhi oleh hutan bakau. Tanaman bakau ini bisa tumbuh dengan baik di Pantai Swarangan, karena kondisi permukaan pantai yang landai dan mempunyai jarak yang relatif panjang. Sehingga tanaman bakau terlindungi dengan baik dari gempuran ombak yang dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut. Selain keberadaan hutan bakau, kawasan Pantai Swarangan juga ditumbuhi oleh jenis tumbuhan yang lain. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung di Pantai Swarangan, seperti berjemur, memancing, berselancar ataupun berenang. Dari pantai ini Anda bisa melihat pesona matahari terbit dan matahari terbenam, karakter gelombang yang cukup besar juga cocok sekali untuk anda yang hobi berselancar. Pantai ini memiliki karakter air laut yang jernih, sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Sebagian besar penduduk yang tinggal di Desa Swarangan menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di laut. Jika anda datang kePantai Swarangan, maka dari kejauhan bisa tercium aroma ikan asin. Aroma tersebut berasal dari perumahan penduduk. Mereka menjemur ikan hasil tangkapan tepat didepan rumah mereka yang masih sangat sederhana.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/pantai-swarangan-tempat-wisata-akhir-pekan-di-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...